Spam Blog
January 22nd, 2011, Written by: | Categories: Internet

Pernahkah anda terkadang ketika sedang browsing “nyasar” ke blog yang ternyata isinya tidak jelas dan terkadang hanya terdiri dari kumpulan kata-kata yang tidak ada maknanya. Atau mungkin pernahkah sampai ke blog yang isinya merupakan hasil copy paste dari blog lain dan umumnya mengandung banyak sekali URL atau iklan?

Blog seperti inilah yang disebut sebagai spam blog, atau disingkat splog. Biasanya ada beberapa alasan mengapa orang membuat blog semacam ini.

Ada orang yang memiliki sebuah website. Dia ingin menaikkan ranking website-nya di mesin pencari. Apa yang dia lakukan? Perbanyak jumlah backlink, yaitu URL website luar yang mengarah ke websitenya. Mereka sengaja membuat blog di website luar, terutama hoster blog gratis, dalam jumlah banyak dan menaruh URL menuju website-nya. Seperti yang kita ketahui mesin pencari, terutama Google mengutamakan website yang memiliki banyak backlink. Oleh karenanya dengan memiliki berbagai website, dalam hal ini blog, merujuk ke websitenya otomatis diharapkan websitenya akan terdorong naik ke atas. Umumnya orang yang bertanggung jawab akan membuat blog dengan konten yang bermakna, memberi manfaat bagi pembaca dengan topik yang relevan. Namun terkadang ada juga orang yang tidak ingin capek sehingga hanya meletakkan kata kunci yang relevan ke dalam blognya. Nah blog-blog yang hanya terdiri dari kata kunci relevan itulah yang kita sebut sebagai spam blog.

Alasan lainnya adalah meraup keuntungan dari pemasangan iklan. Biasanya iklan seperti Google Ads atau Yahoo ads dapat dipasang ke blog atau website kita. Uang akan dihitung apabila ada orang yang mengklik iklan yang ada di dalam website kita, semakin banyak maka uang yang masuk semakin banyak. Terkadang ada orang yang sengaja membuat blog dalam jumlah yang sangat banyak supaya dapat memasang ads seperti ini dalam jumlah yang banyak. Supaya bisa membuat orang masuk ke website, maka dia pun menulis kata kunci-kata kunci yang populer supaya masuk ke mesin pencari dan menuntun orang lain untuk masuk webnya.

Spam Blog

Spam Blog

Spam blog ini sudah menjadi permasalahan utama untuk hoster blog gratis seperti Blogger milik Google. Seperti yang pernah dilansir New York Times, pernah dalam jangka waktu seminggu, orang-orang yang tidak diketahui sudah membuat 13.000 blog palsu di Blogger sendiri. Itu sebabnya Google melakukan langkah untuk menambah fitur flag pada situsnya supaya pengunjung dapat membantu Google membasmi blog-blog palsu ini. Asal tahu saja umumnya blog yang dibuat ini sebetulnya kebanyakan adalah hasil generated dari skrip sehingga tidak aneh bisa dalam jumlah yang sangat banyak.

Akibat dari spam blog ini, hasil search engine semakin hari semakin tercemar. Google pun terkadang mengembalikan hasil yang tidak relevan bagi penggunanya lagi. Mesin pencari seperti Altavista, Ask, dan bahkan Yahoo redup dikarenakan hasil pencarian mereka yang dianggap kurang relevan bagi pengguna. Hingga akhirnya muncul Google dengan algoritmanya berhasil menggeser mesin pencari lain, dan menjadi pemimpin hingga hari ini. Apakah mungkin suatu hari kejayaan Google pun akan runtuh gara-gara spammer?

More about: ,

4 Responses to “Spam Blog”

  1. Custom Promotion Gifts

    I’m no longer sure where you’re getting your info, but great topic.
    I must spend a while studying mjch more or figuring
    outt more. Thank you for wonderful information I used to be in search of this information for my mission.

    Reply
  2. Brianne

    I think this is one of the so much vital information for me.
    And i’m satisfied reading your article. However want to remark on few general things, The web
    site taste is wonderful, the articles is truly nice : D.
    Excellent task, cheers

    Reply

Leave a Reply