Daftar Video Interaktif berbasis Flash
March 2nd, 2012, Written by: | Categories: Internet

Apakah Anda suka dengan film Take This Lollipop? Film ini memanfaatkan informasi dan data yang Anda berikan untuk dijadikan sebuah film. Oleh karenanya film ini menjadi sebuah film interaktif.

Karena menggunakan data atau foto yang Anda berikan otomatis film ini menjadi seolah-olah melibatkan Anda. Otomatis orang-orang pada umumnya tertarik untuk mencobanya. Berikut penulis paparkan beberapa Web yang menampilkan Web interaktif yang pernah populer.

Menjadi Pahlawan

Contoh video dengan tema menjadi pahlawan cukup umum. Contohnya www.tackfilm.se dan www.tackfilm2.se. Film ini cukup sederhana karena dia hanya melibatkan sebuah foto di mana akan dipasang di beberapa adegan dalam video.

Setting film ini diawali di sebuah konferensi di Swedia untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa terdapat seorang pahlawan. Sang aktor perempuan kemudian menampilkan foto sang pahlawan. Akhirnya dilanjutkan dengan adegan-adegan masyarakat yang mengapresiasi sang pahlawan tersebut.

Sayangnya Web untuk berbahasa Inggris tidak dapat dibuka lagi. Tetapi sebagai kompensasinya penulis akan memberikan contoh video yang dibuatnya.


Ternyata Kue Pie adalah sang Pahlawan!

Walaupun Tackfilm sudah tidak lagi menyala, tidak perlu berkecil hati. Karena ada video komersial dari English First untuk kamu yang ingin merasakan bagaimana menjadi seorang pahlawan dunia. Silahkan coba This Is My Story.

This is My Story

Cerita sukses di masa depan

Take This Lollipop

Penulis pernah mengulas sebentar tentang video ini di bagian Web yang menyeramkan bagian 2. Video ini menarik hampir seluruh data Facebook Anda, tetapi bukan tanpa alasan. Film ini ingin mencoba menunjukkan betapa berbahanya Anda memposting informasi pribadi di dunia maya. Bagaimana sang penguntit bisa meneliti isi wall-wall Anda. Melihat foto-foto Anda. Melacak posisi Anda. Dan mencari Anda….

Penguntit

Adegan Take This Lollipop

Lost in Val Sinestra

Film trailer bergenre horor ini melibatkan kamu dan beberapa teman kamu. Seharusnya trailer film ini menegangkan, sayangnya ketika penulis menonton film ini, dikarena ada beberapa foto teman penulis yang aneh, menjadi kurang menggigit. Film ini menceritakan sekelompok teman yang bertamasya di sebuah hotel kuno. Tetapi suatu peristiwa terjadi, ketika di tengah pesta, seluruh peserta menghilang dan hanya tersisa dua. Oleh karena itu, dimulailah petualangan dua pemeran untuk menguak misterinya.

Lost in val Sinestra

Rekreasi di hotel yang berujung tragedi.

Penulis cukup terkejut karena untuk beberapa bagian, film ini bisa menggabungkan data penulis ke dalam film dengan sangat pintar. Bahkan entah sengaja atau tidak, ada adegan di mana sang aktor menyebutkan nama salah satu teman penulis. Penasaran seperti apa bentuk filmnya silahkan lihat di sini.

Museum of Me

Bagaimana rasanya memiliki sebuah museum yang hanya didedikasikan hanya untuk dirimu saja? Intel memiliki sebuah contoh yang sangat baik. Dengan mengumpulkan seluruh informasi, foto teman-teman, apa saja yang pernah Anda like, di mana posisi mu. Museum of Me mampu menampilkannya dengan elegan diiringi musik yang menenangkan.

Intel Museum Of Me

Selamat datang ke museum diri mu sendiri.

Film ini merupakan bagian dari Intel yang sepertinya dalam rangka mempromosikan Intel i5. Dan pesan yang diberikan malah sepertinya bertolak belakang dengan Take This Lollipop. Penasaran seperti apa film ini? Silahkan coba saja sendiri.

Bagaimana membuat semua ini

Penulis tidak yakin apakah semua film interaktif dibuat dengan cara yang sama. Tetapi penulis menemukan salah satu blog yang mencoba membuat video interaktif. Untuk itu harus memiliki After Effects dan Flash yang mendukung ActionScript 3. Jika dirangkum, maka langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat video:

  1. Buat projek baru di After Effects.
  2. Import sebuah video.
  3. Jalankan skrip AE yang sudah diberikan di blog tersebut.
  4. Copy-kan paramternya ke dalam Flash.
  5. Render video.
  6. Masukkan file path ke Flash.
  7. Coba publish Flash dan lihat hasil Flash dalam realtime.
  8. Periksa apakah ada warning di Flash.
  9. Jika ada warning maka atur ukuran video dan jalankan skrip AE lagi.

Tertarik untuk membuatnya?

 

More about: , ,

Leave a Reply