WampServer Tidak Berjalan [Bagian 2]
March 8th, 2012, Written by: | Categories: Tutorial

Setelah kejadian sebelumnya yang sempat menghantui penulis, kali ini penulis kembali lagi mengalami pengalaman yang sangat menarik dengan WampServer dimana sempat menghabiskan 1 jam lebih di tempat klien untuk memperbaiki WampServer yang tidak berjalan. Saat itu, kami sedang melakukan upgrade WampServer ke versi 2.2c pada Web Server yang menggunakan Windows XP dengan harapan bisa memberikan performa yang lebih maksimal. Proses instalasi WampServer pun berjalan dengan lancar. Tetapi ketika mencoba menjalankan kembali WampServer tersebut, munculah sebuah error yang mengatakan bahwa WampServer tidak bisa dijalankan.

Tampilan Error pada WampServer

Tampilan Error pada WampServer

Kami melakukan install ulang dan restore backup  WampServer ke versi semula dengan harapan WampServer bisa kembali normal. Tetapi error tersebut tetap saja tidak mau hilang sehingga kami mencoba untuk melakukan investigasi lebih lanjut terhadap error tersebut.

Detail Error pada WampServer

Detail Error pada WampServer

Dengan membaca bagian detail error tersebut, kami mendapatkan sebuah clue yaitu “kernel32.dll”. Kami pun melakukan googling dan mendapatkan beberapa solusi. Setelah mencobanya, pesan error masih belum dapat hilang. Kemudian, kami mencoba mengaktifkan PHP secara manual dengan menjalankan “php.exe” pada directory penyimpan WampServer. Hasilnya, php.exe memberikan pesan error yang berisi “This application has failed to start because the application configuration is incorrect. Reinstalling the application may fix this problem.”.

Pesan Error Ketika Menjalankan php.exe

Pesan Error Ketika Menjalankan php.exe

Melakukan install ulang dan men-copy file php.exe dari komputer lain juga tidak membuahkan hasil sehingga kami mencoba melakukan googling dengan keyword pesan error tersebut. Akhirnya ketemu juga solusinya! Ternyata, .NET Framework yang terdapat pada Windows XP tersebut mengalami kerusakkan dimana untuk menjalankan WampServer memerlukan .NET Framework.

Oleh karena itu, kami melakukan penghapusan .NET Framework dengan menggunakan .NET Framework Cleanup Tool yang bisa download dari sini. Dengan memilih “.NET Framework – All Versions” pada kolom Product to cleanup kemudian klik tombol Cleanup Now, proses penghapusan .NET Framework pun berjalan.

.NET Framework Cleanup Tool

.NET Framework Cleanup Tool

Setelah proses penghapusan selesai, tahap selanjutnya adalah meng-install kembali .NET Framework 3.5 Service Pack 1 yang bisa download dari sini.

Proses Instalasi .NET Framework 3.5 Service Pack 1

Proses Instalasi .NET Framework 3.5 Service Pack 1

Setelah selesai, kami mencoba menjalan kembali WampServer. Pesan error sudah tidak muncul lagi dan icon WampServer dengan warna hijau pun muncul kembali pada Taskbar!

Memiliki pengalaman menarik ataupun bermasalah dengan WampServer? Silahkan share di sini, mana tahu kami bisa membantu Anda!

More about: , ,

One Response to “WampServer Tidak Berjalan [Bagian 2]”

  1. angga

    saya udah mencoba instal kembali netframeworknya.. tapi ttap masih tidak bisa

    Reply

Leave a Reply