9Gag: Situs Komedi dari Hongkong
April 24th, 2012, Written by: | Categories: Internet

Apabila sedang mumet dengan apa yang sedang Anda jalankan sehari-hari, apa yang Anda lakukan? Salah satu hal yang dilakukan oleh penulis adalah mengunjungi 9gag.com untuk sekedar melepaskan penat setelah seharian bekerja. Situs 9Gag merupakan situs yang menampung berbagai lelucon dan meme di Internet untuk sekedar bersenang-senang. Dengan 67 juta pengunjung unik dan 2 miliar kunjungan per bulan, bagaimanakah kisah asal muasal 9Gag?

Logo 9Gag

9Gag datang dari Hongkong. Mungkin bagi sebagian orang terdengar aneh, tetapi benar, 9Gag datang dari Hongkong!

Web 9Gag pertama kali dirilis pada bulan 2008. Situs ini dimulai oleh lima pemuda yang berasal dari Hongkong, China. Mereka terdiri dari Ray Chan, Chris Chan, Marco Fung, Brian Yu, Derek Chan. Konon Ray Chan dan keempat orang ini juga merupakan anggota projek Rollin’ Eggs. Tidak banyak informasi yang diketahui dari situs Rollin’ Egg kecuali di dalam situs tersebut terdapat beberapa projek Web. Asal muasal nama 9Gag tidak lain dikarenakan ucapan 9Gag dalam bahasa kantonis (gau gag) yang artinya melucu. Jadi tujuan utama Web 9Gag memang untuk menjadi situs komedi.

Pendiri 9Gag

Dua orang dari 5 pendiri 9Gag. Kiri Ray Chan dan kanan Chris Chan. Mereka memang kakak beradik.

Fungsi utama situs 9Gag adalah menampilkan gambar-gambar yang dipasang oleh anggota. Anggota lain yang menyukainya akan mengklik tombol “Like” dalam bentuk wajah tersenyum. Semakin banyak orang yang menekan tombol “Like” maka gambar tersebut akan diangkat ke halaman “Trending Topics”. Di sini, apabila mendapat “Like” dalam jumlah tertentu akan membawa gambar tersebut masuk ke halaman “Hot Page”. Halaman “Hot Page” merupakan halaman yang paling banyak diakses pengunjung. Dan untuk mencapai halaman “Hot Page” tidaklah gampang. Oleh karena itu, menjadi kebanggan tersendiri apabila ada yang berhasil mencapainya.

9Gag sebenarnya merupakan projek sampingan tim pemuda Hongkong ini. Tetapi ketika situs ini memiliki kunjungan 500.000 per bulan, mereka akhirnya mencoba membuat ide startup kepada 500 Startup, sebuah program untuk menunjang startup berbasis Silicon Valley. Mereka pun pindah ke California. Selama program musim panas di California tim 9Gag juga membuat projek lain yang disebut Singboard, sebuah situs karaoke.

Para Pendiri 9Gag

Para pendiri 9Gag. Marco berdiri paling kanan. Dua kakak beradik Chan di samping kiri. Dan sisa duanya lagi di laptop...

Namun setelah program 500 Startup berakhir, ternyata 9Gag melejit. Oleh karena itu, pada bulan Oktober 2008, para tim 9Gag memutuskan untuk menghentikan semua projek mereka, dan memusatkan seluruh fokusnya pada 9Gag. Baru-baru ini, pada bulan April, 9Gag berhasil mengumpulkan $2.8 juta dari empat Venture Capital yakni True Ventures, First Round Capital, Greycroft, dan Freestyle. Diperkirakan perkembangan mereka akan semakin lancar. Saat ini pendapatan utama 9Gag berasal dari Google Adsense. Tidak heran mengingat jumlah pengunjung yang berada di Web.

Tetapi perkembangan 9Gag tidaklah mulus. Mereka mendapat kritikan keras dari pengguna 4Chan dan Reddit karena dianggap mencuri gambar-gambar dari tempat mereka. Tidak aneh, mengingat rage comic dan meme memang sebagian besar berasal dari kedua situs tersebut. Bahkan 9Gag pernah diserang para simpatisan 4Chan yang memasang foto-foto menjijikkan dan menyeramkan. Untungnya para loyalis 9Gag saling bahu-membahu untuk men-dislike foto-foto tersebut sehingga tidak sampai muncul di halaman “Trending Topics” atau “Hot Page”.

Ray Chan mengungkapkan perkembangan 9Gag merefleksikan fokus tim pada user experience, kesederhanaan tampilan tanpa iklan yang mengganggu. Selain itu, 9Gag juga mampu terintegrasi sempurna pada sistem komentar pada Facebook. Alhasil pengguna bisa memasang langsung gambar 9Gag pada Facebook. Tidak heran jika jumlah “Like” Facebook mereka mencapai 2,8 juta.

Salah satu nasehat dari Ray dan Chris Chan untuk para pelaku startup adalah “Try before you reject! Kalau ide semua orang juga punya. Namun, yang terpenting adalah bagaimana merealisasikannya.” Saat ini 9Gag masih dioperasikan di rumah. Mereka belum berniat mendirikan kantor sendiri walaupun memiliki pendapatan, yang diperkirakan, 16.000 dolar per bulan.

Demikianlah Web startup yang berasal dari Hongkong. Tim startup dari Indonesia merilik adanya celah yang bisa dimanfaatkan dengan lokalisasi 9Gag akhirnya juga menciptakan situs sejenis yang dinamakan 9uyon atau na9a. Semoga situs-situs ini mampu membawa nilai yang berbeda dibandingkan 9Gag sehingga dapat menuai kesuksesan seperti halnya 9Gag.

Ingat! Try before you reject!

More about: , ,

Leave a Reply