Penipuan Online Berkedok Olimpiade 2012
April 18th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Ajang pesta olahraga Olimpiade 2012 di London semakin mendekat. Semua pihak sudah semakin mempersiapkan diri. Pemerintahan Inggris memantapkan persiapan selaku pihak penyelenggara lomba olahraga paling bergengsi ini. Para atlet di berbagai penjuru dunia mempersiapkan dirinya untuk meraih medali emas. Dan para penipu juga mulai beraksi, mencari korban-korbannya dengan kedok Olimpiade 2012. Bagaimanakah cara mereka melakukan penipuan?

Ada banyak cara yang dilakukan penipu untuk menjerumuskan korbannya. Entah untuk mencuri data, menipu uang ataupun mencuri data, umpan yang dilempar oleh penipu di Internet hampir sama semuanya. Iming-iming tiket masuk upacara pembukaan olahraga Olimpiade 2012. Sebenarnya modus penipuan dengan kedok mendapat tiket, sudah bukan barang baru, karena pada saat Olimipiade 2008 juga terdapat kasus serupa. Tidak mengherankan, karena tiket ini sangat terbatas. Dan semua penduduk di dunia mencarinya. Jadi tiket ini sudah bisa dikategorikan sebagai barang yang paling diburu. Wajar jika banyak yang termakan iming-iming ini.

Tiket London 2012

Kertas ini begitu diburu orang-orang. Jadi tidak heran ada yang tertipu akibat iming-imingnya.

Lalu, apa saja motif penipuan mereka?

Penyebaran Trojan

Perusahaan Trend Micro, yang fokus pada keamanan Internet dan komputer, menemukan adanya malware atas sebuah file bernama ‘Early Check-In 2012 London Olympics.doc’. File ini berasal dari sebuah email yang memancing korban untuk membuka file dokumen guna meraih kesempatan memenangkan tiket Olimpiade 2012. Seperti yang dipaparkan Dianne Lagrimas di blog Trend Micro, jika komputer sampai terinfeksi file jahat TROJ_ARTIEF.XPL, maka dia juga akan menghasilkan beberapa file malware lainnya yang mengganggu sistem.

First Day On Internet Kid

"Asyik, dapat tiket Olimpiade 2012 gratis.

Pencurian Data

Biasanya email pencurian data, cukup sederhana. Mereka menjelaskan kepada korban dia telah memenangkan undian. Oleh karena itu, guna mendapatkan hadiahnya, sang korban harus mengirimkan informasi pribadinya kepada pihak panitia, yang tentu saja gadungan. Setelah mendapat informasi sudah pasti para penipu hilang, tiket tidak pernah ada, data pribadi diambil. Akan lebih buruk lagi jika nomor kartu kredit juga ikut terambil.

Contoh Email Scam

"Selamat! Kamu memenangkan undian yang diselenggarakan panitia Olimpiade. Mengapa email kamu bisa ikut dalam undian tidaklah penting. Sekarang hubungi kami!"

Penipuan Uang

Penipu ini mengaku diri mereka sebagai panitia Olimpiade London 2012, ataupun agen yang berkaitan dengan panitia. Dan mereka akan menawarkan menjual tiket atau barang-barang lainnya yang berkaitan dengan Olimpiade. Korban mungkin tertarik sehingga membayar kepada penipu. Sayangnya tiket tidak didapatkan, hanya uang yang terbuang sia-sia. Seorang wanita berusia 69 tahun menjadi korban penipuan sekitar 140.000 pound, atau sekitar 2 miliar Rupiah!

Tindak Lanjut

Panitia resmi Olimpiade London 2012, sendiri cukup sadar banyaknya penipuan yang beredar di Internet sana. Sehingga mereka merasa adanya kewajiban bagi mereka untuk memberikan penjelasan kepada khalayak ramai untuk menghindari penipuan-penipuan online melalui satu halaman khusus mengenai kiat-kiat supaya aman dalam ber-Internet. Pada artikel tersebut, mereka menjabarkan 112 jenis email penipuan! Bayangkan betapa banyaknya bentuk penipuan berdasarkan email.

Untungnya kepolisian Inggris, atau dikenal sebagai Scotland Yard, mengambil tindakan tegas terhadap penipu-penipu berkedok Olimpiade ini. Terutama penipuan uang. Mereka bahkan berhasil melakukan pengamanan hampir seratus penipu di dalam Operasi Podium.

Sebagai seorang netizen, tentunya lebih baik bersikap skeptis ketika menerima email bahwa berhasil memenangkan undian. Dan kalau perlu hubungi pihak panitia resmi untuk memastikan jika Anda dihubungi oleh orang yang mengklaim dirinya seorang panitia Olimpiade London 2012 (tetapi besar kemungkinan orang itu hanyalah penipu). Jadi selalulah waspada, jangan gampang tergiur iming-iming! Jangan sembarangan membuka file, memberikan informasi pribadi, ataupun memberikan uang kepada orang yang belum jelas.

More about: ,

Leave a Reply