XKCD: Situs Komik Geek dengan Figur Stickman
April 23rd, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Tahukah siapakah Web komik yang paling berpengaruh di dunia komputer? Jika mendapat pertanyaan demikian, maka situs xkcd yang akan muncul pertama kali di benak penulis. Lalu apa kelebihan xkcd dan bagaimana sepak terjang sang pembuat sehingga bisa menghasilkan Web dengan jumlah pengunjung 70 juta perhari itu?

Situs xkcd diciptakan oleh Randall Munroe. Topik-topik xkcd biasanya tidak terlepas dari topik-topik geek. Misalnya tentang Linux, pemograman, matematika, politik dan terkadang kehidupan sehari-hari. Ide-ide yang dituangkan juga sangat kreatif dan pintar. Semua kisah diceritakan cukup dengan figur stickman.

Randall Munroe

Randal Munroe yang memulai xkcd pada usia 18 tahun, adalah secuil artis webcomic fulltime di Internet.

Nama Web xkcd biasanya membuat orang bertanya-tanya apa sebenarnya kepanjangannya. Sebenarnya xkcd tidak memiliki kepanjangan. Dan cara bacanya juga dilafal satu per satu, x-k-c-d. Tidak ada cara baca yang spesial. Munroe konon sengaja memberi nama xkcd karena nama itu tidak memiliki arti dan tidak bisa dibaca langsung. Dengan demikian tidak akan gampang bosan dengan nama itu. Lagipula, dikarenakan menggunakan empat karakter tidak bermakna sebagai nama situsnya, mengundang berbagai orang membuat kepanjangan-kepanjangan dari xkcd itu sendiri.

XKCD berawal dari suatu hari Munroe menemukan coret-coretannya masa sekolah. Dia kemudian memutuskan memindai hasil coret-coret ini dan memampangnya di Web-nya. Ternyata respon dari orang-orang cukup positif. Mereka menyenangi komik Munroe. Apalagi kemudian, salah satu blog populer BoingBoing me-link ke situsnya. Arus pengunjung yang datang juga melonjak seketika. Itulah yang mendorongnya untuk semakin serius menggambar dan bekerja untuk mengelola Web.

Sudo Square 0

Hanya orang Linux yang memahami cerita ini. Maaf orang awam.

Munroe mengenyam pendidikan kejurusan Fisika di Christopher Newport University. Selama kuliah, dia bekerja pada NASA, tepatnya di Badan Penelitian Langley, dengan sistem kontrak. Dalam salah satu wawancara dia menjelaskan pekerjaannya di NASA tidak seglamor yang dipikirkan orang. Dirinya hanyalah melakukan kompilasi kode pada projek-projek yang tidak jelas. Pada bulan Oktober 2006, tidak lama setelah dia lulus, NASA tidak memperpanjang kontraknya lagi. Sehingga dia pun berhenti bekerja. Dan pada saat itulah dia memutuskan mengelola xkcd secara penuh waktu. Munroe menjelaskan saat ini dia kerap berselancar mencari sesuatu yang lucu atau menggambar. Hal yang dia sering lakukan juga pada saat masih bekerja di NASA. Mungkin itulah alasannya mengapa dia dihentikan NASA. Dia termasuk salah satu dari secuil artis webcomic yang bekerja secara penuh waktu.

Hal yang menarik dari xkcd adalah semua komiknya berlisensi Creative Common. Itu artinya setiap orang bebas menggunakan gambar komiknya selama bukan untuk tujuan komersial. Diperkirakan salah satu faktor lisensinya inilah yang membuat komik-komiknya semakin dikenal orang.

Pendapatan utama Monroe adalah menjual merchandise yang bergambar tokoh-tokoh stickman-nya. Selain itu dia pernah menerbitkan sebuah buku berjudul xckd: volume 0 yang berisi komik-komik xkcd pilihan. Dalam setengah bulan saja, buku tersebut telah terjual 25.000 kopi. Selain itu dana sebesar $ 32.000 yang berhasil digalang dari penjualan buku disumbangkan untuk pembangunan sekolah di Laos.

Linux Cheat Sheet

Linux Cheat Sheet. Salah satu merchandise xkcd. Tulisan sengaja dicetak terbalik. Jadi kalau lupa sintaks cukup lihat bajunya saja.

XKCD sudah menjadi sejenis cult, di kalangan orang-orang geek. Bahkan beberapa komiknya menginspirasikan orang-orang untuk melakukannya di dunia nyata. Misalnya komik mengenai Richard Stallman, orang bermain papan catur di roller-coaster dan masih banyak lagi. Pengarang The Oatmeal, Matthew Inman, juga mengatakan bahwa salah satu inspirasinya datang dari xkcd.

Open Source

Stallman diserang orang yang menyamar ninja untuk mengetes apakah dia benar-benar tidur dengan katana di samping.

Richard Stallman diserang ninja

Terinspirasi komik xkcd, beberapa ninja pun berniat mengetes Richard Stallman.

Demikianlah kisah xkcd, salah satu komik di dunia Internet yang memiliki pengaruh besar. Apabila konten-konten xkcd terlalu dalam menurut Anda, jangan khawatir. Ada sebuah situs yang berdedikasi untuk memberikan penjelasan pada komik ini. Coba saja kunjungi Explain xkcd.

Mungkinkah kelak di Indonesia, akan muncul situs komik yang juga berpengaruh?

More about: ,

One Response to “XKCD: Situs Komik Geek dengan Figur Stickman”

Leave a Reply