Perlukah Anda Mengamankan Semua Domain Anda?
June 8th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Katakanlah Anda memiliki sebuah domain bernama www.perusahaanku.com. Apakah Anda merasa harus mengamankan domain yang lain seperti perusahaanku.net atau perusahaanku.org? Beberapa orang merasa itu perlu. Sedangkan yang lain merasa tidaklah penting. Siapa yang benar?

Pihak yang mendukung agar pemilik Web wajib mengamankan semua domain, biasanya mengemukakan satu alasan yang logis. Dengan mengamankan semua top level domain, maka kita telah mengamankan nama perusahaan kita, brand kita. Bayangkan jika Anda sudah lama memiliki nama Web kerensekali.com, dan tiba-tiba seseorang membeli kerensekali.net. Sialnya, kerensekali.net ini belakangan jauh lebih populer dari domain Anda. Kesal bukan? Atau seseorang membeli domain kerensekali.org, dan bayangkan apa yang dilakukan pemiliknya? Ternyata dia menggunakannya untuk menghujat-hujat usaha Anda. Ketika orang mencari di Internet “keren sekali” malah situs yang menjelek-jelekkan tersebut terpampang di urutan pertama. Ini merupakan mimpi buruk.

Perlukah kita membeli seluruh extension untuk website kita?

Borong semua top level domain!

Pihak kontra, yang tidak setuju dengan mengamankan semua top level domain mengemukakan fakta bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mengamankan semua domain tidaklah murah. Bayangkan, saat ini ada puluhan jenis domain, dan bahkan ada domain jenis tertentu yang harganya selangit, seperti .xxx. Dan jika kita membeli semua domain dengan tujuan mencegah pesaing merebut nama yang sama ataupun menjelek-jelekkan perusahaan kita, juga sebenarnya tidaklah efektif. Mereka bisa saja membeli domain dengan nama seperti www.keren-sekali.com, www.kerenskali .com, atau mungkin www.newkerensekali.com. Dengan sedikit improvisasi SEO, maka keyword “keren sekali” bisa saja situs itu berada di atas situs kita.

Shopping Cart

Berbeda dengan orang di atas. Kami tidak akan pernah beli semua domain! Tidak akan!

Sebenarnya perdebatan antara perlukah membeli semua domain tidak akan berakhir. Tiap-tiap orang memiliki pandangan dan gambarannya masing-masing. Microsoft membabat habis semua domain. Facebook dan Kaskus hanya membeli sebagian.

Fry

Tidak yakin, harus beli semua domain atau tidak usah.

Penulis lebih memilih jalan tengah. Menurut penulis, membeli semua domain, merupakan langkah yang terlalu ekstrim. Lagipula membeli semua domain tidak dapat sepenuhnya mengamankan brand Anda. Jika Anda serius ingin mengamankan brand Anda, maka lebih baik didaftarkan ke kantor hak paten juga. Karena kekuatan hukum dan legalitas jauh lebih kuat, daripada hanya sekadar memborong semua domain. Tetapi penulis juga tidak setuju jika hanya memiliki satu domain saja.

Penulis percaya lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada sebuah domain dengan nama brand Anda diambil orang dan kemudian hari harus mengurusnya, lebih baik mengeluarkan uang sedikit sekarang untuk perlindungan. Penulis merasa top level domain yang harus diamankan adalah top level domain yang vital saja. Sebagian besar orang sepakat bahwa yang harus diamankan adalah .com, .net, dan .org. Selain itu, juga top level domain negara juga perlu dimiliki. Di Indonesia berarti kita perlu amankan .co.id (atau .web.id). Cukup domain-domain tersebut, sudah bisa meminimalisir jatuhnya nama brand kita ke tangan orang lain di Internet, dan dengan biaya yang relatif masuk akal.

Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply