Apa Itu Preload dalam Konfigurasi Yii
July 3rd, 2012, Written by: | Categories: Programming, Yii Framework

Jika Anda perhatikan pada file konfigurasi Yii maka akan terlihat sintaks preload. Pernahkah Anda bertanya-tanya, untuk apa kegunaan preload itu sendiri?

Jika Anda melihat di file webroot/protected/config/main.php, maka Anda akan melihat konfigurasi preload, yang umumnya hanya mengatur log di mana dengan nama:

return array(
        'basePath'=>dirname(__FILE__).DIRECTORY_SEPARATOR.'..',
        'name'=>'Latihan',

        // preloading 'log' component
        'preload'=>array('log'),

        // autoloading model and component classes
        'import'=>array(
                'application.models.*',
                'application.components.*',
        ),
...

Nah, pada bagian tersebut terdapat koding:

    'preload'=>array('log'),

Preload berfungsi untuk me-load komponen Yii pada masa awal. Biasanya Yii tidak akan menginisiasi komponen sampai kita memanggilnya (makanya Yii relatif lebih ringan dibanding framework sejenis lainnya). Tetapi masalahnya ada komponen tertentu yang harus selalu berfungsi tidak peduli kita memanggilnya ataupun tidak. Contohnya komponen CLogRouter, komponen yang berfungsi untuk mengarahkan hasil log ke suatu tempat.

Biasanya kita hanya meletakkan komponen ke dalam preload, apabila kita selalu membutuhkannya setiap saat. Contoh yang umumnya dibutuhkan preload seperti komponen yang mengatur multibahasa, komponen yang berfungsi mengkompres ukuran file secara realtime, ataupun komponen yang berhubungan dengan cache.

Demikian penjelasan singkat preload di dalam Yii Framework. Jika Anda tertarik lebih lanjut dengan Yii Framework, silahkan ikuti terus blog Computesta, yang akan secara teratur menulis artikel-artikel berhubungan dengan Yii.

More about: , ,

Leave a Reply