Viral Marketing
April 15th, 2010, Written by: | Categories: Internet

Viral advertising atau viral marketing cukup banyak dipakai perusahaan-perusahaan besar, termasuk industri perfilman. Contoh film yang menggunakan viral marketing seperti District 9 ataupun film kiamat fenomenal, 2012.

Viral Marketing

Viral Marketing

Viral marketing tidak secara terang-terangan membeberkan maksud dari iklannya. Marketing ini pada dasarnya membuat teaser. Orang kemungkinan besar tidak serta merta mengerti apa maksud dari iklan tersebut. Otomatis orang-orang akan penasaran dan ingin mencari tahu lebih jauh. Kemudian mereka akan saling memberi tahu, bertanya, berdiskusi dan lain sebagainya yang pada akhirnya isi pesan iklan tersebut menyebar layaknya virus.

Dalam film 2012 terdapat beberapa website yang mengiklankan film itu. Website tersebut akan lebih realistis ketika dibuka sebelum tanggal tayang film karena tidak akan tertulis bahwa website tersebut bagian dari film 2012. Tetapi tidak ada salahnya membuka saat ini untuk sekedar melihat-lihat.

http://instituteforhumancontinuity.org
Website mengenai Institute For Human Continuity. Institusi ini bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup manusia pada tahun 2012.

http://www.corruptiontheory.com/
Website di sini merupakan catatan rahasia yang ditulis seseorang yang dia klaim sebagai orang dalam pemerintah dan mengetahui rahasia tentang Projek Naaczaal.

http://www.newsdoneright.com/index.php
Website berita yang kebanyakan mengenai organisasi The Institute for Human Continuity.

http://www.thisistheend.com/
Website milik Charlie Frost. Kalau anda sudah menonton filmnya, Anda pasti tahu website ini.

http://sorenulfert2012.blogspot.com/
Website milik Soren Ulfert, seseorang mantan karyawan IHC yang kemudian akhirnya dipecat tanpa alasan jelas.

Anda dapat melihat sendiri, website-website itu dibuat sedemikian rupa sehingga terkadang orang awam malah percaya kalau itu adalah nyata. Bahkan ada anak muda yang menulis ke website IHC akan melakukan bunuh diri karena tidak sanggup menyaksikan akhir dunia. Anak muda itu percaya kalau websitenya asli!

Jadi lihatlah, terkadang bisa begitu efektifnya cara viral marketing ini. Jika anda perhatikan seksama anda akan mendapati bahwa website-website tersebut tidak pernah di-update lagi begitu filmnya ditayang. Hal ini dapat dimengerti karena, website tersebut sudah selesai tugasnya begitu film ditayangkan. Sebagai penutup artikel ini cobalah kunjungi dan lihat viral marketing website terbaru ini
http://www.starkexpo2010.com/

More about: , , , ,

Leave a Reply