Kejutan dari Dunia Internet
May 16th, 2011, Written by: | Categories: Internet

Pada dasarnya orang menginginkan sesuatu yang pasti. Oleh karena itu ketika menghadapi ketidakpastian reaksi pertama adalah menghindarinya. Sayangnya hidup ini sendiri sudah tentunya tidak pasti. Tetapi karena tidak kepastian inilah maka hidup kita penuh dengan kejutan.

Kejutan-kejutan dari Internet tidak berbeda dengan dunia nyata. Bagaimana ketidakpastian dan kurangnya informasi selalu membuat surprise bagi para pengamat.

Kejutan-kejutan dari Internet tidak berbeda dengan dunia nyata. Bagaimana ketidakpastian dan kurangnya informasi selalu membuat surprise bagi para pengamat.

Lalu apa hubungannya antara kejutan dengan artikel kali ini? Kali ini penulis akan memaparkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam dunia pengembangan web dan Internet yang pada masa-masa tersebut cukup mengejutkan. Melihat bagaimana bahwa dalam dunia IT ketidakpastian itu begitu kentara.

Kejutan Dari Saham

Awal pertenganan 1999-2000 merupakan surga para pengusaha berbasis dotkom. Bagaimana tidak, saham-saham perusahaan yang berbasis dotkom melonjak. Semua pemiliknya menjadi jutawan dalam waktu singkat. Menjadi seorang miliuner memang bukan mimpi belaka! Namun, kejutan tidak menyenangkan pun datang. Bulan Maret 2000, keadaan pun berubah 180 derajat menjadi mimpi buruk. Harga saham menurun. Saham yang semula bagaikan emas, berubah menjadi kertas-kertas tak bermakna.

Kejutan Mesin Pencari

Pada tahun-tahun dulu, jika anda mencari sesuatu di Internet, maka ada beberapa pilihan yakni Yahoo, Altavista, Ask.com, ataupun MSN search. Siapa pernah sadar Google sebuah search engine yang masih beta, bisa mengenyahkan mereka dan menjadi raksasa dunia Internet? Tetapi kenyataan hari ini demikianlah. Sebetulnya penulis merasa ini merupakan kejutan besar bagi Altavista dan Yahoo yang pernah menolak proposal dua mahasiswa Larry Page dan Sergey Brin ini. Pada saat itu mereka hanya ingin menjual teknologi mesin pencarinya sebesar 1 juta dolar US dan melanjutkan yang lain.

Raksasa Google yang sudah terlalu lama berada di puncak tidak bisa tenang selamanya. Karena kali ini Microsoft membuat kejutan. Mesin pencari selama ini (Live Search) masih kurang mampu menandingi sang Google. Oleh karena itu demi mampu memenangi pertempuran mesin pencari, Microsoft merancang mesin pencari yang lebih tangguh dengan codename: Kumo. Orang-orang mengatakan Kumo ditakdirkan untuk menjadi produk gagal. Tetapi Microsoft tidaklah main-main. Mereka sengaja meminta perusahaan konsultan untuk memilih nama, yakni Bing. Dan mengeluarkan 80 sampai 100 juta dolar US untuk mempromosikan Bing di internet, TV, selebaran dan radio.

Kejutan Dari Sun Microsystem

MySQL, database open-source yang paling terkenal di planet ini, dibeli oleh Sun Microsystem, Inc resmi pada tanggal 16 Januari 2008. Akuisisi ini merupakan akuisisi termahal dalam sejarah Open Source pada masa itu, yakni 1 miliar dolar US. Sebagian besar tidak menyangka MySQL akan dijual ke raksasa open source Sun.

Namun di tahun 2009 dikarenakan keuangan Sun yang semakin buruk. Maka IBM melihat peluang ini merupakan peluang besar untuk mengakuisisi perusahaan Sun. Banyak orang yang sudah memperkirakan Sun sudah dipastikan dibeli oleh IBM melihat posisi Sun mampu melengkapi IBM. Dan pembelian ini diperkirakan merupakan akuisisi terbesar dalam sejarah IBM. Paul Otellini, Intel Corp Chiefe Executive pun yakin bahwa IBM akan membeli Sun. Setelah pembicaraan yang sangat alot, dunia kembali dikejutkan. Sun dijual, tetapi bukan ke IBM yang selama beberapa bulan terakhir disinggung berita. Melainkan ke Oracle.

Penutup

Kejutan yang muncul tidaklah selalu baik. Kejutan yang muncul juga tidaklah selalu buruk. Sebagai seorang netizen (masyarakat di dunia maya), penulis merasa kita bisa belajar dari setiap peristiwa ini. Mengasah kemampuan analisa, sehingga walaupun suatu saat akan terjadi peristiwa besar, anda sudah memperkirakannya. Bagaimanapun mengetahui sesuatu yang akan terjadi selalu merupakan suatu bentuk kekuatan.

More about:

Leave a Reply