Mengubah Port Apache pada WampServer
March 6th, 2012, Written by: | Categories: Tutorial

Ketika Anda sedang melakukan instalasi program baru misalnya Skype ataupun Web Server seperti IIS ataupun Apache Tomcat pada komputer yang sebelumnya telah memiliki WampServer, maka Anda akan mengalami error ketika menjalankan WampServer ataupun melakukan akses pada localhost. Hal ini disebabkan oleh penggunaan Port yang sama (Port 80) pada aplikasi tersebut sehingga akan muncul pesan error ketika menggunakan aplikasi tersebut pada waktu yang bersamaan.

Agar WampServer dapat diakses kembali dengan benar, Anda harus mengubah Port yang digunakannya dan untuk mengubahnya, silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Aktifkan WampServer terlebih dahulu.
  2. Klik icon WampServer di bagian Taskbar kemudian buka Apache -> httpd.confchange-port-wampserver-01
  3. Carilah tulisan “Listen 80″ pada file tersebut.change-port-wampserver-02
  4. Ubahlah angka 80 dengan nomor port yang diinginkan, misalnya 8088
  5. Setelah itu, cari lagi tulisan “ServerName localhost:80″change-port-wampserver-03
  6. Ubahlah angka 80 sesuai dengan nomor port yang diingkan pada langkah sebelumnya
  7. Bila sudah selesai, simpan dan tutup file tersebut.
  8. Lakukan restart pada WampServer dengan klik icon WampServer kemudian pilih Restart All Services.change-port-wampserver-04

Sampai di sini, Anda telah selesai mengubah Port Apache. Untuk memastikannya, silahkan buka Browser Anda kemudian masukkan URL localhost beserta nomor Port (misalnya http://localhost:8088/). Bila menampilkan halaman utama WampServer maka Anda telah berhasil mengubah Port Apache.

change-port-wampserver-05

Tampilan WampServer pada Firefox setelah perubahan Port Apache

Bila Anda mencoba mengakses localhost ataupun phpMyAdmin melalui menu icon WampServer, alamat URL yang muncul pada Browser masih menggunakan URL yang lama. Sebenarnya tidak terlalu kritikal tetapi akan terasa terganggu jika Anda sering menggunakan menu tersebut. Agar dapat digunakan kembali menu-menu tersebut, kita meng-edit beberapa file WampServer.

  1. Matikan WampServer terlebih dahulu dengan klik kanan pada icon WampServer kemudian pilih Exitchange-port-wampserver-06
  2. Bukalah lokasi penyimpanan WampServer dengan menggunakan Windows Explorer.change-port-wampserver-07
  3. Bukalah file “wampmanager.ini” dengan menggunakan Notepad.
  4. Cari dan timpah semua kata “http://localhost/” menjadi “http://localhost:8088/” (tanpa tanda kutip) dengan menggunakan fitur Find & Replace.change-port-wampserver-08
  5. Setelah selesai, simpan dan tutup file tersebut.
  6. Ulangi langkah 3 sampai 5 pada file “wampmanager.tpl”.
  7. Bila sudah selesai, silahkan buka kembali WampServer.

Sekarang Anda sudah bisa mengakses localhost dan phpMyAdmin melalui menu WampServer. Sekian tutorial kali ini dan selamat mencoba!

More about: , ,

One Response to “Mengubah Port Apache pada WampServer”

Leave a Reply