Ternyata Alexa Rank Tidak Akurat!
March 9th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Alexa sepertinya sudah menjadi standar de facto bagi sebagian besar Internet marketer dalam menentukan rangking Web di Internet. Misalnya, untuk perusahaan pemasang iklan, mereka mensyaratkan Web yang masuk rangking 100.000 besar baru boleh dipasang iklan. Beberapa blogger juga mematok tarif iklan Web-nya berdasarkan rangking Alexa. Kalau demikian bukankah itu artinya rangking Alexa sangat akurat dan bisa jadi acuan informasi traffic suatu Web?

Tumblr di Wikipedia

Bahkan Wikipedia menggunakan Alexa sebagai patokan popularitas Web

Anda harus tahu dari mana Alexa mengetahui kalau seseorang mengunjungi Web Anda. Tidak mungkin Alexa bisa mencatat jumlah pengunjung, jika Anda tidak memasang plugin atau sejenisnya di Website Anda bukan? Atau jangan-jangan sebenarnya Alexa itu milik Google jadi dia bisa mengetahui jumlah orang lewat klik link di Google? Ternyata bukan juga, karena Alexa bukan milik Google.

Amazon

Asal tahu saja Alexa itu milik Amazon.com

Ternyata, cara Alexa mendapat data pengunjung dari Web sangat sederhana. Dia mendapatkannya dari pengguna yang menginstalasi Alexa Toolbar di browser-nya. Sudah banyak webmaster dan blogger yang membuktikan bahwa Web-nya ketika di-browse sendiri dengan Alexa Toolbar bisa menaikkan rangking dari 409.935 menjadi 139.534 dalam tiga setengah bulan.

Sekarang, masalahnya tidak semua orang memasang Alexa Toolbar pada browser-nya. Alexa mengklaim angka download Alexa Toolbar mencapai 10 juta tetapi Alexa tidak pernah mengungkapkan berapa banyak orang yang pakai toolbar tersebut. Oleh karena itu, sampel yang diambil Alexa kemungkinan besar akan tidak akurat. Misalnya kita tidak tahu berapa persentase pengguna Alexa Toolbar dari Indonesia, padahal Web kita berbahasa Indonesia. Kita tidak yakin berapa persentase pengguna Alexa Toolbar adalah dokter, padahal blog kita membahas masalah medis. Itulah yang menjadi masalah utama.

Kira-kira kalangan siapakah yang paling banyak menggunakan toolbar ini? Penulis berasumsi kalangan terbesar yang mungkin akan menginstalasi toolbar ini adalah para marketer Internet atau ahli SEO. Sisanya kemungkinan adalah orang IT, Web developer dan sejenisnya.

Pengguna Internet pemula

Penulis percaya beberapa persen penginstal Alexa Toolbar adalah pengguna awam

Lalu bagaimana caranya meningkatkan peringkat di Alexa, kalau hanya pengunjung yang ber-toolbar yang tercatat? Salah satu cara adalah menulis artikel yang mampu memancing orang-orang kalangan ahli SEO atau Internet marketing untuk mengunjungi Web Anda. Bisa saja menulis artikel tentang SEO, Internet marketing atau perihal blogging. Atau yang paling gampang, cukup install Alexa Toolbar dan buka sesekali Web Anda, maka Web Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Tetapi satu hal yang harus Anda ketahui adalah, ranking Alexa memang, mungkin saja tidak tepat karena hanya mencatat pengguna yang memiliki Alexa Toolbar saja (sehingga dapat diakali dengan browsing sendiri). Tetapi untuk rangking di atas 100.000, maka sebagian besar orang cenderung mempercayai rangking Alexa. Sebab peluang untuk naik peringkat sampai di atas 100.000 harus betul-betul tergantung popularitas Web. Web-web yang berperingkat top di Alexa pada faktanya memang merupakan Web yang paling sering diakses di dunia. Jadi mungkin saja kita bisa bermain curang dengan browsing Web sendiri sampai rangking tertentu, tetapi ketika sudah sampai di atas rangking 100.000 maka di sinilah Anda membuktikan apakah Web Anda benar-benar ramai atau sekedar browsing sendiri dengan Alexa Toolbar.

Karena Alexa tidak akurat, pentingkah kita diperhatikan? Penulis menjawab tetap penting. Karena tidak peduli akurat atau tidak, sebagian besar orang tetap melihat rangking Alexa untuk mengetahui popularitas suatu Web. Oleh karena itu, Alexa harus diperhatikan apalagi bagi pemilik Web yang ingin memasang iklan di situsnya.

More about: , ,

One Response to “Ternyata Alexa Rank Tidak Akurat!”

  1. lidya

    Semua tool terkait populeritas sebuah website Nyaris tidak ada yang akurat , termasuk tool perusahaan PPC itu sendiri, sebaik baiknya tool adalah di seberapa laris dagangan kita itu laku, boleh saja pagerank tinggi alexa bagus tapi kalau tak menghasilkan ya apa guna

    Reply

Leave a Reply