Favicon ICO versus PNG
May 17th, 2012, Written by: | Categories: Opinion, Programming

Sudah pasti mengenal favicon bukan? Biasanya jika kita membuka sebuah situs kemudian pada sebelah kiri URL bar, akan terpampang sebuah gambar kecil yang menunjukkan logo situs bersangkutan. Itulah yang dinamakan favicon. Favicon umumnya menggunakan format .ico, tetapi tidak sedikit situs yang menggunakan format .png. Lalu apa perbedaannya? Siapa yang lebih baik?

Favicon, yang disingkat dari favourite icon, pertama kali muncul pada tahun 1995, di Internet Explorer 5. Pada saat itu nama file favicon haruslah favicon.ico dan diletakkan di web root, alias folder paling luar. Gambar favicon dari IE5 hanya akan muncul jika pengunjung melakukan bookmark situs bersangkutan (di IE, istilah bookmark-nya adalah Favourites). Kalau sekarang, tidak di-bookmark pun favicon pasti akan kelihatan di browser kita.

Contoh Favicon di Wikipedia

Nah karena favicon pertama kali muncul dalam bentuk favicon.ico, maka sampai hari ini, jika situs kita tidak mendeskripsi akan ambil favicon di mana, secara otomatis browser akan mencari file favicon.ico di folder web root. Itulah sebabnya favicon.ico merupakan format paling banyak digunakan orang. Namun, belakangan mulai bermunculan pendapat untuk menggunakan favicon dengan format PNG.

Beberapa pendapat yang dikemukakan pendukung PNG adalah PNG bisa mendukung transparansi serta ukuran file PNG lebih kecil dibandingkan ICO. Lagipula semua browser modern mendukung PNG, dan dapat dengan mudah dipasang pada Web cukup dengan menulis sintaks

<link rel="icon" type="image/png" href="http://websiteku.com/myicon.png">

Pendukung ICO akan membalas PNG dengan kelebihannya berupa kompabilitas untuk semua browser. Pembuat Web tidak perlu menulis sebaris sintaks pun supaya browser menampilkan favicon. Cukup taruh file favicon.ico pada direktori terluar, dan browser akan otomatis mengambil favicon dari situ. Dan para advokat ICO akan menegaskan bahwa ICO didukung oleh browser-browser tua, seperti IE6 di mana saat ini masih ada orang yang memakainya (asal tahu saja IE8 ke bawah tidak mendukung favicon format PNG)

why you no

"IE... Mengapa kamu tidak dukung PNG"

Selain itu format ICO juga mendukung transparansi. Sehingga alasan PNG lebih baik karena bisa transparan, tidak valid. File format ICO lebih besar karena pada satu file ICO, di dalamnya bisa mengandung gambar ukuran 16×16, 32×32 dan 48×48.

Pendapat penulis pribadi, dengan berbagai pertimbangan atas kompabilitas dan dukungan, favicon dengan format ICO masih yang terbaik. Tetapi sebetulnya kita bisa saja menggunakan dua-duanya. Caranya, di file HTML kita pasang tag <link> untuk menampilkan favicon PNG. Tetapi jangan lupa menaruh favicon.ico pada direktori terluar. Dengan demikian, jika browser tidak mendukung format favicon PNG, browser akan serta merta mengambil favicon.ico yang ada di web root.

More about: , , ,

One Response to “Favicon ICO versus PNG”

  1. Joshua

    seppp…. br sy tau format png disupport, hehehe.. thanks for sharing..

    Reply

Leave a Reply