Yii Radio: Satu Satunya Siaran Radio Yii!
May 11th, 2012, Written by: | Categories: Yii Framework

Pernahkah Anda mendengar nama Yii Radio? Sesuai namanya, Yii Radio merupakan Web radio yang mendedikasikan dirinya untuk Yii Framework. Sejauh yang penulis tahu, Yii Radio seharusnya merupakan satu-satunya siaran radio untuk framework PHP. Penasaran dengan Yii Radio? Simak artikel kali ini.

Yii Radio dimulai oleh Imre Mehesz seorang antusias dan evangelis Yii Framework. Dirinya memiliki latar belakang sebagai progammer PHP. Dirinya sudah berkenalan dengan bahasa pemograman PHP semenjak PHP versi 3. Sebagai orang asli Hungaria, Imre saat ini bekerja di salah satu Web developer berbasis Amerika.

Imre Mehesz

Yii Radio merupakan untuk pertama kalinya Imre Mehesz membuat podcast.

Yii Radio menggunakan sistem podcast. Jadi pendengar harus download file MP3 jika ingin mendengarkannya. Rata-rata durasi waktu dalam podcast berkisar 3 menit sampai 7 menit. Podcast yang paling pertama dirilis Imre adalah pada tanggal 14 Juli 2009. Pada saat itu Yii Radio memperkenalkan apa itu Yii Framework, perubahan Yii pada versi 1.0.7 serta topik RBAC.

Yii Radio

Yii Radio sudah berjalan dua tahun lebih dan saat ini sudah terdapat sekitar 60an episode.

Yii Radio merupakan projek pertama broadcasting Imre. Jadi dengan bermodal coba-coba dan kecintaannya pada Yii Framework, Imre meluncurkan rekaman pertamanya. Pada masa awal, kualitas suara masih kurang sempurna. Tetapi seiring dengan satu episode ke episode berikutnya, Imre terus menyempurnakan kualitas suaranya. Topik-topik yang dibawanya juga semakin beragam. Mulai dari membahas Web berbasis Yii Framework, orang-orang yang berpengaruh di dalam Yii Framework ataupun teknik-teknik pemograman.

Yii Radio pernah mendapat kehormatan untuk mewawancarai pengarang buku Yii Framework paling pertama, Jeffrey Winnesett. Selain itu, Yii Radio juga telah mendapat menjalin kerja sama dengan pihak sponsor seperti penerbit buku komputer Packt Publishing, Ext4Yii dan juga CMSAward.hu, sebuah ajang penghargaan CMS di Hungaria.

Saat ini Yii Radio juga menyelenggarakan sebuah festival penghargaan yang disebut dengan nama Yeti Award. Yeti sendiri merupakan kepanjangan dari Yii Enthusiast Trophii. Setiap pendengar berhak mencalonkan seseorang yang dianggap paling berjasa dalam Yii Framework, entah karena aktif menulis Wiki, membuat extension, aktif membantu di forum ataupun sebagainya.

Yeti

Yeti, ajang penghargaan yang diselenggarakan Yii Radio, untuk orang-orang yang berdedikasi pada Yii Framework

Sekian pemaparan mengenai Yii Radio. Jika Anda sudah penasaran mengenai Yii Radio mengapa tidak langsung coba mendengarkannya saja? Inilah dunia komunitas Yii Framework!

More about: ,

4 Responses to “Yii Radio: Satu Satunya Siaran Radio Yii!”

  1. Joshua

    Tau url utk download total episode yang telah direlease ga bro ? Makasih..

    Reply
  2. wiz

    mantabs… sampe segitunya ya,
    lagi belajar yii..googling tutorial dan nyasar ke sini..

    Salam kenal mas, semoga sehat selalu supaya bisa bikin tutorial lebih banyak lagi hehehehehe

    Reply

Leave a Reply