Envato: Perusahaan Penyedia Tutorial & Market
July 18th, 2012, Written by: | Categories: Internet

Jika Anda adalah seorang Web developer atau Web designer tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ThemeForest, CodeCanyon, ActiveDen ataupun keluarga-keluarga lainnya bukan? Siapakah yang berada di balik ini semuanya? Dialah perusahaan Envato. Artikel kali ini kita akan mengenal Envato lebih dekat.

Envato diprakarsai oleh Collis Ta’eed, Cyan Ta’eed and Jun Rung di Australia pada tahun 2006. Pertama kali nama yang digunakan adalah Eden. Tetapi untuk mendaftarkan Eden sebagai nama merek dagang tidak sederhana, jadi digunakanlah nama Envato yang tidak ada maknanya, tetapi  lebih gampang diregistrasi. Projek paling awal Envato adalah pasar yang menjual produk berbasis Adobe Flash dengan nama FlashDen.

Logo Eden dan Envato

Transformasi logo dari Eden ke Envato

Pasar pertama mereka sangat sukses. Dan kemudian dilanjutkan dengan market-market berikutnya seperti ThemeForest yang berfokus pada penjualan template-template premium untuk berbagai CMS seperti PrestaShop, OpenCart, WordPress dan lain sebagainya. Atau CodeCanyon yang menjual potongan skrip koding yang bermanfaat.

Collis Ta'eed

Collis Ta’eed berasal dari Papua Nugini yang melanjutkan studinya di Australia. Di Australia lah dia mendirikan Envato bersama sahabatnya Jun Rung dan istrinya Cyan.

Sayangnya belakangan Adobe merasa penggunaan nama Flash tersebut melanggar nama merek dagang. Oleh karena itu, dengan terpaksa Envato pun mengubah namanya menjadi ActiveDen. Ada sedikit keraguan ketika mereka melakukan perubahan nama. Apakah orang-orang awam masih dapat menemukan mereka dan sebagainya. Tetapi ternyata tidaklah terbukti. Karena yang terjadi malah jumlah pengguna ActiveDen semakin meningkat.

Selain merilis situs market, Envato juga memiliki blog terkenal yang disebut dengan Tuts+. Blog ini merupakan kumpulan tutorial yang berhubungan dengan teknologi. Dan Tuts+ bisa dikatakan merupakan jaringan terbesar untuk jenisnya. Dan mereka juga memiliki FreelanceSwitch yang merupakan komunitas freelancer. Di situ terdapat artikel untuk memposting berbagai hal tentang dunia freelancing dan juga terdapat market antara pencari projek dan pemberi projek.

Saat ini Envato sudah memiliki satu juta member di seluruh market mereka pada saat tanggal 12 September 2011. Bukankah sangat keren melihat bagaimana perkembangan Envato dalam beberapa tahun sudah mampu menembus peningkatan setinggi itu? Bagaimana pendapat Anda?

More about: , , , ,

Leave a Reply