The Oatmeal: Situs Komik Populer yang Dioperasikan Satu Orang
April 20th, 2012, Written by: | Categories: Internet

The Oatmeal tidak ada hubungannya makanan oat yang katanya menyehatkan jantung. Situs ini berisi komik-komik lucu yang kadang bersifat satir. Situs ini konon ditulis, digambar dam di-code oleh Matthew Inman sendiri. Yup! Dia memiliki berbagai talenta, seperti membuat ilustrasi, menguasai beberapa bahasa pemograman, bisa mengoperasikan FreeBSD, mengerti SEO, dan pintar menulis. Inman tidak pernah melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi karena menurutnya melanjutkan pendidikan tinggi hanya akan membuatnya menjadi lebih miskin. Jadi dia menuju Seattle, untuk menjadi bagian dari booming dot-com. Dia pertama kali bekerja dengan SAGEPort. Sayangnya pada tahun 2003, perusahaan tersebut harus menghentikan seluruh karyawan dan tutup setelah nilai saham terjun bebas.

Matthew Inman

Inilah foto Matthew Inman. Inman selalu mengenakan topi pesta. (sumber foto: The Oatmeal)

Oleh karena itu, di usaha berikutnya dia bersama dua rekan lain memulai bisnis SEO yang dinamakan SEOmoz.org, tetapi akhirnya keluar karena kurang merasa bahagia. Selain itu, dia juga memulai sebuah projek Web kencan di Internet yang dinamakan Mingle2.com yang dibuatnya dalam 66.5 jam. Pada masa-masa memperkenalkan Mingle2.com, dia membuat beberapa komik yang akhirnya menjadi cikal bakal dari The Oatmeal. Belakangan Mingle2 diakuisisi oleh pesaingnya.

Matthew Inman

Foto Matthew Inman. Hei! Di mana topi pestanya? (Sumber: Peter Mumford)

Akhirnya pada tanggal 6 Juli 2009, The Oatmeal resmi dipublikasi. The Oatmeal umumnya berupa komik yang mengangkat topik apa saja. Misalnya tentang produk Apple, kesalahan pengejaan, bagaimana menggunakan titik koma yang benar, dan masih banyak lagi. Pada masa awal, The Oatmeal mendapat penghasilan dari pemasangan iklan. Tetapi sayangnya pemasukan iklan tidak mencukupi untuk keperluan bandwidth yang semakin hari semakin meninggi. Jadi dia memutar otak.

Akhirnya dia menggunakan sistem donasi, dengan memasang logo Paypal di bagian bawah. Hasilnya cukup memuaskan, karena dalam sekejap dana mengucur deras kepadanya. “Untuk beberapa saat, [kejadian itu] betul-betul mengagumkan. Saya mengalami beberapa kali sehari $500. Padahal saya tidak memberikan produk apa-apa selain komik,” ungkap Inman.

Dengan dana yang sedemikian besar, akhirnya dia mampu menutupi biaya bandwidth. Sisa dana itu digunakannya untuk mempublikasi sebuah buku yang berisi kumpulan komik The Oatmeal berjudul 5 Very Good Reasons to Punch a Dolphin in the Mouth (5 Alasan Baik Untuk Meninju Mulut Lumba-Lumba). Dan buku tersebut juga menuai kesuksesan

5 Very Good Reasons To Punch A Dolphin In The Mouth

Buku panduan komik yang bermanfaat dari The Oatmeal

Hari ini, pendapatan utama Inman berasal dari penjualan merchandise yang bergambar komik-komiknya. Dia menjual baju kaos, gelas, poster dan lain sebagainya. Awalnya sistem yang diterapkannya adalah mencetak sesuai permintaan pelanggan. Sayangnya ada dua kendala dalam menjalankan sistem ini. Pertama gambar komiknya cenderung besar dan tidak seragam sehingga kalau dicetak akan terlihat aneh. Kedua, mitra percetakan merchandise-nya, Zazzle.com, memiliki biaya yang sangat mahal jika dicetak per permintaan. Jadi solusinya, dia sengaja memilih komik yang menurut dia bagus ataupun mengambil bagian yang menurutnya paling menarik. Kemudian mengorder pesanan cetak dalam jumlah besar sehingga biayanya menjadi lebih murah.

Gelas Oatmeals

Gelas Oatmeal yang bergambarkan orang sedang high karena kafein.

Mungkin ada yang penasaran mengapa Inman menamakan situsnya The Oatmeal? Apakah dia senang makan oat? Ternyata tidak. Dia lebih menyukai sarapan sereal. The Oatmeal berasal dari nickname-nya di game Quake (yang disesalkannya karena telah menyia-nyiakan masa remajanya) “Quaker Oatmeal”.

Walaupun Inman sama sekali tidak pernah terpikir untuk mengubah The Oatmeal menjadi perusahaan, tetapi pemasukan dari The Oatmeal mampu membawa penghasilan dia lebih dari $1.000 perhari dan pada black friday tahun 2010 mampu meraup $70.000 dalam sehari. Pada tahun 2010 saja, jumlah kunjungan perbulan The Oatmeal sudah mencapai 20 juta perbulan. Bagaimana? Adakah yang terinsipirasi untuk mengikuti Mathew Inman?

More about: ,

One Response to “The Oatmeal: Situs Komik Populer yang Dioperasikan Satu Orang”

Leave a Reply