Digg: Situs Berita Sosial
July 20th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Social Media

Digg merupakan sebuah situs berita sosial. Pada dasarnya sistem ini digunakan untuk memungkinkan orang untuk menvoting pada web. Biasanya istilah adalah “bury down” untuk vote pada ke bawah, dan “dig up” untuk vote ke atas. Diperkirakan situs ini memiliki 3,8 juta pengunjung setap bulannya.

Pada awalnya Digg diawali oleh Kevin Rose, Owen Bryne, Ron Gorodetzky dan Jay Adelon dengan menginvestasikan 6.000 dolar US. Aslinya mereka ingin menggunakan nama Diggnation, tetapi dianggap kepanjangan, jadi diputuskan untuk dipotong. Sayangnya Dig.com sudah diambil oleh perusahaan Disney, jadi akhirnya dipakai Digg.

 

Kevin Rose

Kevin Rose, sang pendiri Digg. Belakangan dirinya bergabung dengan Google sebagai senior projek manager.

Web ini digunakan para komunitas untuk merekomendasi Web-Web yang menarik. Setelah posting kemudian menunggu anggota-anggota yang lain untuk voting naik dan voting turun. Pas awal-awal fungsi yang ada pada Digg hanya pembuatan akun, submit konten, dan fitur voting. Pada tahun Juli 2005 mereka merilis versi dua. Dengan penambahan fitur friend list dan desain yang baru. Lalu setahun kemudian mereka merilis versi 3 dengan penambahan kategori seperti Entertainment, Gaming, Video, World & Business, Science, dan Teknologi.

Tampilan awal Digg

Tampilan awal Digg pada saat bulan Desember 2004

Untuk pendapatan pada Digg, para pendiri menggunakan iklan. Pada awalnya mereka menggunakan Google AdSense. Lalu mereka beralih ke banner ads. Dan beberapa tahun 2009, Digg menerapkan sponsor post untuk memungkinkan orang melakukan voting. Tindakan ini dianggap sangat riskan, tetapi untungnya ternyata sambutan dari komunitas sangat positif.

Digg akhirnya pada tanggal 12 Juli 2012 mengumumkan bahwa mereka menjual merek, situs serta teknologi kepada Betaworks senilai 500.000 dollar US, sebuah nilai yang sangat diskon mengingat mereka pernah dihargai 160 juta dollar US. Digg memang kondisinya memang saat ini sedang mengalami penurunan. Tetapi semoga saja mereka mengalami peningkatan kembali setelah perubahan tampuk kepemimpinan.

More about: , ,

One Response to “Digg: Situs Berita Sosial”

  1. Abdullah Alfarizi

    perkenalkan gan saya abdullah saya baru tahu, dan saya pemula sekali ngeblog sy ingin belajar ngeblog, itu website saya pun di buat asal jadi.. heheh salam kenal

    Reply

Leave a Reply