Orang-Orang Misterius dalam Internet
March 26th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Internet memungkinkan orang untuk menyembunyikan identitas mereka. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa pengguna Internet memanfaatkan keanoniman Internet untuk menyampaikan pendapatnya atau cerita. Artikel kali ini akan mengulas orang-orang yang terkenal di dalam Internet tetapi tidak jelas jati dirinya.

John Titor

John Titor mengklaim dirinya sebagai orang dari masa depan. Pertama kali muncul pada tahun 2000, dia melakukan posting di beberapa forum, menjelaskan bahwa dia berasal dari tahun 2036 dan sedang dalam misi mengambil IBM 5100 guna memperbaiki masalah yang terjadi pada tahun 2036. Kemungkinan besar masalah yang dia maksud adalah Unix Millennium Bug yang akan terjadi pada 2038.

John Titor mampu menjelaskan bagaimana mesin waktu yang digunakannya untuk datang ke tahun 2000. Dia bahkan memberikan sketsa rangkaian sistem mesin waktu itu. Dan karena dia datang dari masa depan, tentu saja dia memberikan ramalan-ramalan akan masa depan. Salah satunya seperti Amerika akan terjadi perang sipil dan Rusia akan meluncurkan serangan nuklir ke Amerika, China dan Eropa. Sayangnya ramalannya sejauh ini tidak tepat, mengingat saat ini sudah tahun 2012, sedangkan Titor mengklaim Amerika akan melakukan perang sipil mulai dari tahun 2004.

Mesin Waktu Titor

Salah satu sketsa bagian mesin waktu dari John Titor

Posting terakhir John Titor terlihat pada bulan Maret 2001, setelah itu tidak pernah terlihat lagi kehadirannya.

Hakekat

Hakekat merupakan salah satu pengguna Yahoo Indonesia yang aktif mengemukakan pandangannya mengenai kepercayaannya melalui milis-milis dan email pribadi. Penulis tidak yakin agama apa yang diyakininya tetapi umumnya dia selalu mengirim email kepada semua orang berisi pandangan-pandangannya mengenai ajaran Nasrani. Tidak jarang terkadang email yang yang dikirim juga cenderung menyerang agama lain.

Email yang dipergunakannya cukup banyak sekali seperti newhakekatku@yahoo.co.id, Hakekatku_00@yahoo.co.id, hakekatku_05@yahoo.co.id,  hakekathidup_h5@yahoo.co.id. Diduga dikarenakan untuk memperbarui diri karena sering di-blacklist-kan oleh pengguna. Biasanya modusnya membuat seseorang masuk ke milisnya. Dari situlah dia memposting pendapat-pendapatnya. Cara lain adalah mengirim langsung ke email orang. Karena sudah mengganggu orang dengan mengirim email terus menerus kepada orang yang tidak menginginkannya, Hakekat sudah termasuk kategori spammer.

Salah Satu Milis Hakekat

Milis Hakekat tujuan utamanya lebih untuk berdebat mengenai kepercayaan. Contohnya seperti milis grup Hakekatku_00

Tidak jelas siapa orang di balik ini. Tetapi tidak dapat disangkal, kalau Hakekat memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai ajaran kitab suci agama Samawi. Selain itu, Yahoo user ini juga sangat mendedikasikan dirinya untuk menyusun informasi sebanyak itu untuk disebarkan ke orang banyak.

Serdar Argic

Serdar Argic merupakan user pertama yang terdaftar di newsgroup spam otomatis (spam yang khusus menargetkan newsgroup). Tujuannya adalah mengemukakan pendapat bahwa Genosida Armenia tidak pernah terjadi.

Serdar Argic pertama kali muncul di awal tahun 1994 dengan alamat sera@zuma.uucp. Dia mengirimkan pesan ke semua newsgroup yang berkaitan dengan negara Turki, berdebat bahwa Genosida Armenia tidak pernah terjadi.

Pandangan Serdar Argic dimasukkan ke Buku

Walaupun Serdar Argic dianggap sebagai spammer, namun pandangan-pandangannya dianggap berbobot. Oleh karenanya dijadikan materi dalam sebuah buku juga.

Pada saat itu orang-orang melayangkan protes ke UUNET, ISP tempat Serdar Argic mendaftar. Tetapi karena UUNET tidak melakukan tindakan terhadapnya. Akhirnya belakangan spam menjadi masalah umum di Internet pada tahun-tahun belakangan.

Post terakhir Serdar Argic muncul pada April 1994, setelah Stefan Chakerian membuat newsgroup bernama alt.cancel.bots khusus untuk menangani pesan Serdar Argic.

 

Internet dengan segala kelebihannya dalam menyembunyikan identitas orang lain, memungkinkan orang untuk mengirimkan pendapat (atau khayalan, untuk kasus John Titor?) tanpa takut diserang di dunia nyata. Tetapi penulis lebih percaya, walau semua orang bisa mampu beraktivitas dengan identitas palsu di Internet, tetapi etika ber-Internet tetap harus dijaga, seperti misalnya tidak mengirim spam kepada orang lain (walau kontennya berbobot karena orang tidak belum tentu ingin menerimanya). Sayangnya justru dikarenakan anonim orang cenderung lebih terdorong untuk melakukan sesuatu tidak beretika.

Jadi menurut Anda, anonim dalam Internet  adalah hal baik atau buruk?

More about: ,

Leave a Reply