Website Group Buying Indonesia
May 9th, 2011, Written by: | Categories: Internet

Online group buying sekarang sepertinya menjadi salah satu tren di dunia maya. Orang-orang bisa mendapatkan harga yang spesial dengan adanya sistem group buying ini. Mendapatkan voucher sampai 90%? Tentunya cukup menggiurkan.

Group buying di Indonesia cukup populer. Karena sekarang sudah ada beberapa website demikian dan sangat terkenal. Apalagi bahkan muncul website aggregator group buying.

Group buying di Indonesia cukup populer. Karena sekarang sudah ada beberapa website demikian dan sangat terkenal. Apalagi bahkan muncul website aggregator group buying.

Secara sederhana group buying merupakan sistem pembelian secara kolektif. Seperti yang kita ketahui umumnya kalau kita membeli sesuatu dalam jumlah banyak maka kita bisa mendapatkan harga spesial. Misalnya Anda ingin membeli laptop seri Asus seri A42F. Anda, bisa mengumpulkan orang-orang yang juga ingin membeli laptop dengan seri ini sehingga bisa mendapat harga spesial dari sang penjual. Itulah sistem group buying.

Online group buying memanfaatkan teknologi internet untuk mengumpulkan orang-orang yang berniat membeli dan para merchandise yang ingin laris manis. Jadi biasanya pihak pengelola web mencari para merchandise yang ingin menaruh voucher diskon ke dalam website. Voucher diskon ini hanya berlaku jika dibeli sekian orang atau sekian rupiah, dan juga terdapat batasan waktu. Pengunjung web melihat voucher ini merasa tertarik bisa membelinya. Apabila batasan waktu voucher sudah lewat dan sudah mencukupi syarat jumlah orang maka pembeli bisa mencetak voucher dan menggunakannya. Tetapi kalau misalnya tidak mencapai batas minimal dari voucher maka umumnya uang akan dikembalikan. Umumnya cara kerja website tersebut adalah registrasi user, mulai mencari voucher yang ingin dibeli, kemudian melakukan pembayaran dan tinggal mencetak voucher yang diberikan lewat email atau media lainnya.

Sistem ini memiliki keuntungan bagi merchandise, karena bisa menarik banyak pembeli. Sedangkan dari sisi pembeli sendiri juga menguntungkan karena bisa mendapatkan harga khusus.

Online group buying di Indonesia sudah cukup banyak yang menawarkannya. Misalnya saja www.dealkeren.com, www.disdus.com, www.ogahrugi.com. Sejauh dari pantauan penulis, website-website ini menyediakan voucher diskon merchandise yang terletak di Jakarta dan Bandung pada umumnya. Ada juga beberapa yang terletak di kota lain seperti Solo, Bali dan Medan.

Selain website menyediakan layanan group buying, ada yang lebih menarik lagi yakni muncul layanan aggregator para website-website group buying. Contoh website ini misalnya www.dskon.com. Ide di balik munculnya layanan ini dikarenakan pengguna umumnya ingin mendapatkan voucher diskon terbaik dari yang ada. Oleh karena itu alih-alih membuka semua website group buying yang ada, lebih mudah membuka website ini yang akan mengumpulkan semua diskon dari website group buying sehingga pengunjung bisa melihat jelas diskon terbaik.

Website aggregator ini masih tergolong muda jika dilihat dari pantauan penulis, karena baru online beberapa bulan yang lalu. Namun dari segi konsep memang sangat bagus. Apalagi mereka juga memiliki versi sejenis di negara-negara lain seperti www.indirimlr.com (Turki), www.esaldi.it (Italia), www.dscuento.com(Spanyol), www.dsconto.com(Brazil).

Bagaimana pendapat kalian mengenai website group buying?

9 Responses to “Website Group Buying Indonesia”

  1. John

    Iya, belakangan makin banyak web seperti ini. Semoga yg dari lokal juga berkembang nyusul yg dari luar.

    Reply
  2. hambali

    jangan percaya sama OGAH RUGI…. byk yang kecewa misal : vocher tdk bisa digunakan, barang cepat rusak, tdk ada garansi,
    … ingat .. hindari hubungan dgn OGAH RUGI ::

    Reply
  3. Andina

    Ya ampun…beber bgt…gw beli 4 voucher trick art museum, terus di email klo trick art Udah tutup, dan voucher seharga 80rb mau di ganti setengahnya terus saya bilang ga mau, saya mau ganti full, dan ga di ganti sampe sekarang!!!! Eh malah, sekarang saya buka ogah rugi ada promo trick art lagi…waaahhhh kecewa parah sama OGAH RUGI!!!!

    Reply
  4. fifany

    Wah, gw jg hampir kena boong tuch ditelepon sm ogahrugi.com. Lsg aja gw search digoogle ternyata bnr banyak yg dirugikan. Untung gw Lsg tolak aja :) hehehe

    Reply
  5. keanu

    ane beli voucher di ogah rugi untuk pemasangan kaca film 3m untuk mobil ane kok lancar” aja yah.

    nda ada masalah…

    saran ane, sebelum kita belanja online telpon dulu toko atau merchant yang promo. pastikan bahwa promo itu valid dan resmi dari toko itu atau merchant tersebut.

    be safe myfriend

    Reply
  6. Tempat Wisata Favorite Indonesia

    Excellent pieces. Keep posting such kind of information on your page.
    Im really impressed by it.
    Hi there, You’ve performed a great job. I will certainly digg it and individually recommend to
    my friends. I am sure they will be benefited from this
    site.

    Reply
  7. Секура

    For more info about online payment please check The state of online payment in Indonesia  or Indonesian online payment by Merah Putih

    Reply

Leave a Reply