Kampanye #Droidrage dari Microsoft Makan Tuan, Betulkah?
December 20th, 2012, Written by: | Categories: Opinion, Social Media

Beberapa waktu yang lalu Microsoft melancarkan kampanye terbaru di Twitter yang mereka namakan Droidrage. Microsoft meminta para pengguna ponsel yang berbasis Android melemparkan uneg-uneg-nya ke Twitter dengan memasang hashtag #droidrage. Komentar terbaik akan mendapat hadiah menarik.

Tweet Windows Phone

Surat pernyataan perang Windows Phone terhadap Android

Ternyata belakangan para fans Android tidak terima perlakuan Microsoft seperti demikian. Oleh karena itu, mereka pun beramai-ramai membalasnya dengan #Windowsrage. Sepertinya kampanye Microsoft memakan tuannya sendiri. Beberapa orang berpendapat demikian. Benarkah?

Penulis memiliki pandangan yang agak berbeda. Menurut penulis kampanye ini justru mungkin akan sukses. Mengapa? Penulis akan pilah satu per satu alasannya.

Jumlah Pengguna Android

Kita semua sudah tahu, saat ini jumlah pengguna Android merupakan yang terbanyak di dunia. Menurut data dari International Data Center, pengguna Android diperkirakan 60%, sedangkan IOS sendiri mecapai 20%. Jika Microsoft ingin mengkonversi orang, siapa lagi kalau bukan pihak mayoritas?

Menyerang = Menarik Perhatian

Inilah cara Microsoft. Jika dia ingin orang-orang Android ini tahu Windows Phone, Microsoft harus menarik perhatian mereka. Dan ternyata menurut Microsoft, cara paling bagus untuk menarik perhatian adalah membuat kontes untuk menjelek-jelekkan Android. Penulis yakin, akan sangat banyak forum dan situs berita membantu menyebarkan info kontes ini. Karena kontes ini tidak biasa. (Promosi yang berusaha menyerang brand lain biasanya bisa dijadikan berita yang bagus, apalagi kalau ada yang serang balik). Dalam hal ini Microsoft berhasil membuat kontesnya terkenal.

Betulkah Memakan Tuan?

Jumlah hashtag dari #windowsrage  “hanyalah” 1.337, dibanding #droidrage yang hampir mencapai 7.000 (data diambil dari Topsy per tanggal 20 Desember 2012). Mengapa orang yang menulis #windowsrage cenderung sedikit? Menurut penulis salah satu alasannya adalah mereka tidak tahu apa-apa mengenai Windows Phone. Windows Phone, termasuk barang baru. Dan bagaimana Anda bisa menjelek-jelek sesuatu yang belum pernah Anda pakai?

Satu-satunya solusi adalah, Anda harus mencoba Windows Phone dulu dan cari kelemahannya supaya bisa diolok-olok. Bagaimanapun juga produk Microsoft itu banyak bugs bukan?

Kesimpulan

Walaupun banyak orang yang menganggap kampanye #droidrage ini adalah kegagalan, senjata makan tuan atau memalukan. Namun, penulis percaya, kampanye ini akan membuat Windows Phone semakin diperhatikan. Entah diperhatikan secara positif atau negatif, menurut penulis, itu gampang diputarbalikkan. Yang pasti, menurut penulis ini salah satu kampanye yang berjalan dengan baik. Bagaimana pendapat Anda?

More about: , ,

5 Responses to “Kampanye #Droidrage dari Microsoft Makan Tuan, Betulkah?”

Leave a Reply