Yii Tutorial : Menginstalasi Yii Framework
May 1st, 2011, Written by: | Categories: Tutorial, Yii Framework

Ukuran Yii Framework cukup ringkas, walau bukan ukuran framework yang paling kecil, tetapi cukup sepandan dengan fitur yang ditawarkannya. Pada saat penulisan artikel ini, ukuran paket Yii terakhir (versi 1.1.7) berukuran sekitar 2.4 MB. Untuk mendownloadnya bisa klik sini.

Yii Framework

Yii Framework

Setelah mendownload paket, maka kita cukup ekstrak keluar ke document root Apache. Bagi yang menggunakan XAMPP maka document root-nya adalah folder /xampp/htdocs, untuk WAMP adalah folder /wamp/www. Sedangkan yang menggunakan Linux tergantung setting Apache.

Sebetulnya kita boleh cukup meletakkan folder “framework” saja di document root (atau bahkan di luar document root). Tetapi untuk tahap pengenalan ini maka kita letakkan semua isi folder ke dalam document root.

Setelah ekstrak, maka kita sudah siap menggunakan Yii. Penulis menyarankan untuk me-rename “yii-1.x.x.rxxxx” menjadi “yii” saja supaya lebih gampang diakses nantinya.

Sekarang kita mengecek apakah komputer atau server kita mampu menjalankan Yii atau tidak dengan membuka halaman Requirement. Buka browser Anda, kemudian ketik :
http://hostname/path/to/yii/requirements/index.php
Misalnya:
http://localhost:8088/yii/requirements/index.php

Jika ada Result yang tertulis “Failed”, maka harus diinstal supaya passed. Umumnya tidak semua “Passed”, bisa saja ada yang tertulis “Warning”. Ini tidak masalah. Misalnya kita hanya berniat membuat aplikasi dengan MySQL, maka PDO SQLite Extension ataupun PDO PostgreSQL extension tidak terinstal pun tidak apa-apa.

Masalah yang umumnya sering dihadapi kemungkinan adalah tidak aktifnya PDO MySQL, PDO SQLite ataupun PDO PostgreSQL. Padahal mungkin kita ingin develop menggunakannya. Untuk mengaktifkannya cukup membuka php.ini yang ada di server. Kemudian cari tulisan seperti ini:

extension=php_pdo_sqlite.dll
extension=php_pdo_mysql_libmysql.dll
extension=php_pdo.dll

Hilangkan saja titik koma di depannya jika ingin mengaktifkan pdo bersangkutan. Setelah itu save dan restart server sekali lagi.

Sekian penulisan artikel untuk instalasi, pada tahap selanjutnya akan dipaparkan bagaimana membuat aplikasi Web dengan menggunakan Yii Framework. Apabila ada masalah silahkan kirim pertanyaan saja, penulis akan mencoba membantu semampunya.

More about: , ,

3 Responses to “Yii Tutorial : Menginstalasi Yii Framework”

  1. acenk

    mas… saya baru pakai yii dan sudah install yii
    saya pakai windows 7 webservernya pake xampp
    untuk buat applikasinya gimana ya mas..

    Reply
  2. garry

    Mas bisa buka command prompt dan coba ketik:
    /folder_htdocs/tempat_yii/yiic webapp folder_htdocs/nama_aplikasi
    misalnya mas install xampp di drive d:
    /xampp/htdocs/yiiframework/yiic webapp d:/xampp/htdocs/myapp

    Reply
  3. jasa pembuatan website

    I do not know if it’s just me or if eѵeryone else encountering problems with yoᥙr blog.

    It appears like some of the written text in your conten are running off the screen. Cann somebody else please provide feedback and
    let me know if this is hаppening to them as wᥱll? Ꭲhis may bee a issaue with mmy internet browsᥱг because I’ve hаd this appen previously.
    Many thanks

    Reply

Leave a Reply