Ayo Berdayakan Fan Page Facebook Anda!
August 29th, 2012, Written by: | Categories: Opinion, Social Media

Dalam bisnis, Facebook Fan Page merupakan salah satu media terbaik dalam berinteraksi dengan pelanggan Anda. Jika Anda pernah membaca artikel Computesta sebelumnya mengenai pelanggan mengekspektasi perusahaan untuk menanggapi mereka di social media, maka Anda akan mengetahui betapa Facebook Fan Page sangat penting. Jika Anda sudah memiliki Facebook maka langkah apa yang akan Anda lakukan? Kali ini Computesta akan mencoba memaparkan beberapa ide yang mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Facebook Like

Fan Page dapat dijadikan sebuah ajang mempromosikan produk atau layanan usaha Anda. Orang-orang yang sudah me-like Fan Page Anda, akan melihat di News Feed-nya info terbaru Anda. Ini sudah merupakan salah satu kelebihan dari Fan Page. Bahkan sekarang sudah banyak tools di Internet yang memungkinkan untuk otomatis posting di Wall dengan jeda waktu yang telah ditentukan. Ataupun memasang tools supaya begitu posting blog, maka akan otomatis muncul di Wall Fan Page. Computesta sendiri juga menggunakan tool-tool semacam ini.

Hanya saja ada orang tertentu yang terlalu banyak posting. Dan ini merupakan sebuah langkah yang berbahaya. Keseringan posting, akan dicap orang sebagai spam. Alhasil, mereka ada kemungkinan meng-unlike Fan Page Anda. Computesta percaya bukan kuantitas yang penting dalam hal posting. Melainkan kualitas dari postingan itu sendiri. Misalnya sebuah Fan Page akan lebih baik jika tidak memposting layanannya melulu. Sekali-kali sebuah postingan yang mengundang umpan balik dari para fans juga akan sangat membantu. Contohnya, bagi yang bidang usahanya di Web, dia bisa memposting sebuah pertanyaan seperti apakah orang lebih menyukai Web yang terang atau Web yang gelap.

Freebies Computesta

Contoh program yang dilakukan Computesta dalam rangka berinteraksi para fans-nya.

Umpan balik, menurut Computesta, tidak harus melulu yang berhubungan dengan produk atau layanan usaha kita. Bisa saja Fan Page kita memberikan pertanyaan seperti teka-teki. Menurut pengamatan Computesta, umumnya posting teka-teki di Wall, walaupun tidak diberi iming-iming hadiah, tetap mampu menarik banyak perhatian dan komentar dari orang-orang. Jika tujuan kita adalah menarik perhatian untuk menciptakan brand-awareness perusahaan kita, ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif. Tentu saja jika teka-teki ini dapat dikaitkan dengan produk atau layanan Anda akan jauh lebih baik. Dan sebenarnya Computesta lebih menganjurkan berkaitan daripada tidak ada sama sekali.

Cara lain yang bisa digunakan juga adalah memberikan barang gratis. Barang gratis ini tidak harus berupa benda nyata. Yang penting, barang tersebut memberi nilai lebih atau manfaat. Contohnya adalah voucher diskon, atau link download, e-book atau lainnya. Computesta sendiri pernah melakukan sebuah kampanye untuk membagi-bagikan buku gratis. Hasilnya Computesta mendapat tambahan jumlah like yang cukup baik.

Hal lain yang perlu diperhatikan di Fan Page adalah gambar cover sendiri. Semua Fan Page di Facebook, bentuknya sama saja. Yang membedakannya pada saat pertama kali dibuka adalah gambar cover-nya. Oleh karena itu, memiliki desain cover yang bagus merupakan sesuatu yang penting. Kalau misalnya sembarangan mengambil gambar untuk ditempel, biasanya hanya mengesankan perusahaan tersebut tidak serius dengan Fan Page mereka.

Demikianlah usaha-usaha yang bisa dilakukan untuk Fan Page Anda? Apakah Anda sudah cukup serius untuk mengelolanya? Oh ya, jika Anda tertarik untuk memiliki desain cover page yang keren, Anda bisa menghubungi Computesta~

More about: , ,

2 Responses to “Ayo Berdayakan Fan Page Facebook Anda!”

Leave a Reply