Apa itu Google Insight
July 9th, 2012, Written by: | Categories: Internet

Google Insight For Search atau yang lebih sering disingkat sebagai Google Insight, merupakan salah satu tool yang sangat membantu bagi orang yang ingin melakukan Internet marketing. Bagaimanakah Google Insight membantu? Simaklah artikel kali ini.

Google Insight merupakan layanan Google untuk meriset keyword populer. Fungsi Google Insight mengumpulkan keyword atau kata kunci populer sesuai kriteria dan kategori yang diinginkan.

Contoh grafik di Google Insight

Contoh grafik di Google Insight. Kita bisa membandingkan perbandingan beberapa keyword sehingga tahu keyword apa yang sedang meningkat dan yang mana lebih populer.

Walaupun sampai artikel ini dirilis, Google Insight masih berstatus beta, tapi fungsinya menurut penulis sudah berjalan sempurna. Aplikasi Web ini umumnya digunakan para Internet marketer atau pakar SEO untuk keperluan riset marketing dan bisnis sebagai langkah awal proses optimasi hasil penelusuran. Selain itu, para startup juga bisa memanfaatkan situs ini untuk menganalisa apa yang sedang menjadi tren saat ini. Google Insight membantu dalam hal menentukan niche, menargetkan keyword dan membantu memilih nama domain. Selain itu juga memberi informasi keyword yang sedang populer di Google Search.

Kelebihan Google Insight adalah menampilkan tren keyword yang diinput, dan user bisa menentukan apakah tren secara global atau secara lokal, per tanggal yang ditentukan, dan per kategori. Sekilas layanan ini memang mirip dengan Google Trends. Berbeda dengan Google Trends, Google Insight lebih mengarah kepada riset daripada sekedar mengetahui apa yang sedang trending.

Google Insight mampu memberikan data pada pengguna berdasarkan tren pencarian yang dilakukan pada seluruh domain Google di seluruh dunia, sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan pengguna. Entah itu 7 hari terakhir, 1 bulan, 1 tahun, ataupun dalam beberapa tahun ke belakang. Selain itu, jenis pencarian pun dapat dibagi lagi menjadi pencarian web, berita, gambar serta produk. Selain itu, jenis-jenis pencarian tersebut dapat disaring lagi berdasarkan regional ataupun wilayah lebih mendetail.

Data Google Ingsight berasal dari hasil pencarian orang di Google Search. Tetapi hanya keyword yang hit tinggi yang dapat dianalisis. Jika hitnya terlalu rendah, maka tidak akan kelihatan.

Angka-angka pada grafik Google Insight mencerminkan jumlah penelusuran yang dilakukan untuk istilah tertentu berbanding dengan jumlah seluruh penelusuran yang dilakukan di Google selama suatu rentang waktu. Angka itu tidak menunjukkan volume karena datanya telah dinormalkan dan disajikan pada skala 0-100. Maksudnya dinormalkan adalah jumlah perbandingan tadi, dibagi lagi variable umum lain supaya hasilnya lebih benar. Jadi jika misalnya hasil pencarian “Yii Framework” di Indonesia bernilai 40 dan di Rusia pun bernilai 40, bukanlah artinya jumlah pencariannya sama banyak. Tetapi melainkan perbandingan jumlah pencarian “Yii Framework” berbanding seluruh pencariannya sama besar.

Jika ingin mencoba Google Insight kunjungi sini.

More about: , ,

3 Responses to “Apa itu Google Insight”

Leave a Reply