The Wilderness Downtown: Musik Video dengan HTML5
June 19th, 2012, Written by: | Categories: Internet

Situs ini merupakan salah satu Web Google Chrome eksperimen. Sama seperti situs Google Ramayana, yang mengunjuk kehebatan Chrome dan produk-produk Google. The Wilderness Downtown menunjukkan kebolehan Google Chrome disanding dengan Google Map dan Google Street View.

Web ini juga merupakan ajang promosi bagi grup band indie Arcade Fire untuk memperkenalkan lagu baru mereka yang berjudul “We Used To Wait” pada Agustus 2010. Dengan perpaduan sentuhan dari sutradara veteran music video, Chris Milk, dan perusahaan digital production dan media, B-Reel, serta lagu yang dibawakan Arcade Fire, hasilnya adalah sebuah video interaktif yang menawan. Sebuah music video masa depan, mungkin.

Chris Milk

Chris Milk di ajang penghargaan 16th Annual Music Video Production Association Awards

Pertama kali buka situs, pengunjung akan diminta untuk memasukkan alamat tempat dia tumbuh. Jadi penulis mencoba memasukkan alamat jalan tempat penulis dulu. Sayangnya Indonesia yang memang belum ada street view sehingga untuk beberapa alamat tidak dapat dijadikan video. Jadi penulis mencoba menggunakan alamat tempat lain yang sudah ada street view-nya.

The Wilderness Downtown

Salah satu cara promosi musik video, yakni dengan menggunakan HTML5.

Setelah dicari-cari memang tidak ada alamat yang lengkap. Semua yang diinput oleh penulis selalu muncul pesan “Your address doesn’t contain enough Street-View and/or Google Maps data to 100% enjoy this experience.” Oleh karena itu, penulis memutuskan untuk menggunakan alamat kantor Google sendiri di “1600 Amphitheatre Parkway Mountain View, CA 94043″. Ternyata tidak lengkap juga. Kemungkinan besar, memang tidak ada tempat yang datanya lengkap.

Sebenarnya mengapa situs ini meminta kita memasukkan alamat tempat dulu kita tumbuh? Konsep video ini adalah mengingatkan kita akan masa masih muda. Pada penghujung akhir video, kita bisa menulis kartu pos kepada masa kecil kita. Tentu saja surat itu tidak akan sampai ke masa lalu. Tetapi efek yang dihasilkan dari kartu pos itu menurut penulis sangat keren.

Jika sudah penasaran habis seperti bagaimana bentuknya, langsung saja kunjungi langsung situsnya di The Wilderness Downtown.

More about: , , ,

Leave a Reply