Projek Spartan : Ambisi Facebook Menjadi Platform Aplikasi HTML5
December 28th, 2011, Written by: | Categories: News, Opinion, Social Media

Semenjak pertengahan tahun 2011 kemarin, Facebook telihat sedang mempersiapkan projek rahasia yang besar. Projek ini bukanlah Timeline. Projek ini bahkan dianggap sejumlah kalangan merupakan projek yang sangat besar dan ambisius.

Spartan

Spartan

Codenamenya adalah Spartan. Projek Spartan berupaya menjadikan Facebook sebagai platform app berbasis HTML5 dan ditujukan ke pangsa pasar mobile. Coba tebak platform siapakah yang akan paling pertama kali ditargetkan oleh Facebook? iOS.

Mengapa iOS? Dugaan jurnalis saat itu adalah, dengan memiliki 700 juta user, Facebook sudah dipastikan ingin menantang App Store. Semua orang tahu saat ini distribusi mobile app yang paling baik adalah App Store dengan jumlah pengguna setianya paling tinggi. Pengguna App Store semuanya berbasis iOS, oleh karena itu masuk akal jika Facebook menargetkan iOS terlebih dahulu, karena sudah jelas pasarnya.

Facebook secara sengaja sudah memilih beberapa developer untuk mengerjakan projek rahasia ini. Facebook pun telah mengajak para developer, terutama Zynga, untuk mendevelop game HTML5. Facebook juga merekrut pembuat OpenAppMkt, app store. Projek ini pada pertengahan lalu sedemikian dijaga ketat, sampai-sampai ketika bocor pertama kali di Techcrunch, Facebook mewanti-wanti tim projek untuk tidak sembarangan berbicara lagi.

Belakangan ada dugaan bahwa sebetulnya upaya Facebook untuk merebut pangsa pasar App Store bukanlah perperangan, melainkan sebuah bentuk hadiah dari Apple untuk Facebook sebagai ganti akses eksklusif data jutaan user Facebook. Mungkin saja ini sebetulnya merupakan perlawanan antara Facebook/Apple dengan Google, karena sedikit banyak akan merebut pangsa pasarnya.

Projek Spartan akhirnya terlihat titik terangnya pada October 11 2011, setelah Apple merilis Facebook v4.0 di App Store yang bisa dijalankan di iPod Touch, iPhone dan iPad. Aplikasi versi baru ini mengalami perubahan besar karena memungkinkan user untuk menjalankan aplikasi berbasis HTML5 yang telah terinstalasi dalam perangkatnya.

Facebook HTML5 Screenshot

Facebook HTML5 Screenshot

Seperti yang dirilis oleh developer Facebook secara resmi bahwa projek ini masih dalam tahap pengembangan. Mereka telah bekerja sama dengan Audiovroom, Branchout, Flixster, Gilt Groupe, Huffington Post dan game-game dari EA, Moblyng, Storm8, Wooga dan Zynga. Walau terkesan mengutamakan platform iOS, tetapi sebetulnya browser di Android pun bisa dijalankan. Saat ini kita masih melihat ke arah mana perkembangan platform HTML5 Facebook ini dibawa.

More about: , , ,

Leave a Reply