Kerjaan Seorang Admin Forum
June 15th, 2010, Written by: | Categories: Internet

Tugas seorang administrator forum tentunya selalu berhubungan dengan me-maintain sebuah forum. Berbeda dengan pekerjaan web maintenance  normal yang melakukan maintenance pada website normal (seperti company profile), yang isinya ditentukan oleh pemilik web. Forum sebagian besar kontennya datang dari pengguna. Dan kita sendiri tahu pengguna di Internet sangatlah beragam dimulai dari yang suka membantu, yang suka usil, yang suka memanasi suasana sampai yang sekedar nge-junk alias melakukan posting-posting tidak berguna.

Maintenance Forum

Maintenance forum juga perlu salah satunya berupa aturan yang jelas.

Oleh karena sifat website forum sendiri yang berbeda dengan website normal, melakukan maintenance di forum perlu keahlian tersendiri. Umumnya administrator forum diharapkan dapat menjalankan fungsi maintenance dasar seperti melakukan backup pada isi forum, menghapus thread-thread yang sudah sangat lama untuk menghemat kapasitas, menjaga keamanan forum. Tetapi selain itu, seorang admin juga haruslah ahli dalam mendelegasi. Mendelegasi?

Yup, mendelegasi dalam artian menunjuk anggota-anggota yang kompeten untuk menjalankan tugas sebagai seorang moderator. Karena kita tahu, seorang admin tidak mungkin sanggup untuk mengawasi isi forum setiap waktu. Oleh karenanya dia haruslah dibantu oleh moderator-moderator yang selalu mengecek apakah ada anggota forum yang membuat keonaran dan lain sebagainya.

Menjadi admin juga ditekankan untuk memiliki sikap kepala dingin, adil dan memiliki sedikit sense of humor. Tantangan terbesar yang dihadapi seorang admin adalah anggota admin itu sendiri. Karena berhubungan manusia itulah, maka seorang admin harus bisa memecahkan masalah dengan kepala dingin, ban terhadap anggota atas dasar yang masuk akal, dan tidak mudah tersinggung dalam suatu perdiskusian.

Dapat dilihat bawah maintenance sebuah forum, terdapat tantangan tersendiri yang tidak mungkin akan dirasakan oleh orang yang maintenance website biasa atau website statis.

Leave a Reply