Kesalahan Font Helvetica Neue Pada Firefox di Windows 7
August 24th, 2010, Written by: | Categories: Tutorial

Seperti biasa, hari ini saya melakukan pekerjaan saya setelah melakukan makan pagi. Tetapi hari ini ada sedikit perbedaan di mana biasanya saya melakukan pekerjaan saya di depan komputer yang selalu menyala 24 jam dan hari ini saya menggunakan laptop saya sebagai pengganti komputer dikarenakan laptopnya sudah berdebu (jarang pakai) dan kurang betah bila duduk di atas kursi dan di depan meja komputer. Laptop saya ini menggunakan Windows 7 Home Premium x64 sedangkan komputer menggunakan Windows XP Professional x64 di mana kedua komponen tersebut diinstall dengan program yang sama termasuk browser kesayangan saya yaitu Firefox.

Firefox

Font Helvetica Neue tidak dapat tampil dengan benar pada Firefox di Windows 7

Sebelum pergi makan siang, saya sempat untuk utak-atik Twitter Computesta dan keanehan mulai muncul ketika saya mengakses halaman home setelah melakukan login. Tulisan “What’s happening?” yang berada di atas textbox telah berubah menjadi simbol-simbol yang tidak dapat dingerti. Pada awalnya dikirain Twitter lagi bermasalah dan perlu maintenance tetapi setelah saya melakukan copy paste tulisan tersebut ke tempat lain, tulisan tersebut kembali normal!! Padahal sebelumnya saya sudah coba buka Twitter di komputer saya dan tidak terjadi masalah apapun. Karena bingung, saya coba buka Twitter dengan browser Google Chrome untuk memastikan dan tulisan tersebut dapat tampil dengan benar!! Semakin banyak tanda tanya yang muncul di kepala saya sehingga saya memutuskan untuk coba untuk ulang install Firefox saya. Setelah selesai install, saya coba lagi buka Twitter dan hasilnya masih tetap sama.

Tampilan Home Twitter

Tulisan yang tidak benar pada halaman home Twitter

Karena saya tidak ingin melihat Firefox saya cacat, saya coba untuk melakukan googling dengan keyword “firefox broken font twitter” dan sayangnya tidak menemukan solusi yang memuaskan. Kemudian saya coba melakukan investigasi terhadap tulisan tersebut dengan menggunakan Firebug (add-on Firefox). Dari situ saya dapat mengetahui tag-tag HTML dan CSS yang digunakan oleh Twitter untuk menampilkan tulisan tersebut. Dari segi tag HTML tidak menemukan kenanehan kemudian saya coba lagi dengan menonaktifkan CSS satu per satu dan ketika saya menonaktifkan barisan “font-face”, tulisan tersebut berubah menjadi normal!! Dan saya coba lagi untuk mengaktifkan kembali CSS tersebut dan tulisan tersebut berubah kembali menjadi simbol-simbol. Saya coba untuk menghapus salah satu font yang ada di tag tersebut yaitu font Helvetica Neue dan tulisan tersebut langsun dapat tampil dengan benar.

CSS Twitter

CSS pada tulisan yang bermasalah

Tanpa basa-basi, saya langsung melakukan googling terhadap font tersebut dengan keyword “helvetica neue windows 7 firefox”. Sesuai dengan perkiraan saya, akhirnya saya ketemu satu forum di mana ada orang yang mengalami hal yang serupa dengan kerjadian saya tetapi pada website yang lain. Untungnya setelah membaca reply yang lumayan panjang, akhirnya pada bagian bawah forum tersebut ada yang memberikan solusi tersebut. Orang tersebut mengatakan bahwa di directory Fonts yang berada di dalam directory Windows, ada sebuah font Helvetica dengan nama file yang tidak tampil dengan benar yaitu berupa tulisan mandarin sehingga Firefox tidak dapat menampilkan font Helvetica Neue dengan benar. Bila kita buka dengan Windows Explorer, font tersebut berada di paling ujung.

Font di Windows Explorer

Font yang bermasalah tersebut berada di ujung pada directory Windows/Fonts

Solusinya adalah menghapus font tersebut. Tetapi sebelum menghapus font tersebut, pastikan kita menggunakan user dengan hak akses Administrator. Setelah itu unblock file tersebut di bagian properties. Akhirnya file tersebut sudah boleh dihapus. Bila muncul pesan kesalahan pada saat melakukan penghapusan, tutup semua program yang sedang dibuka sehingga dapat dipastikan bahwa font tersebut tidak digunakan oleh program-program yang lain.

Font Helvetica Neue merupakan salah satu anggota dari keluarga font Helvetica yang menggunakan typeface San-Serif. Font tersebut sering digunakan oleh Steve Jobs pada produk-produk yang sudah tidak asing di telinga kita seperti Mac OS, iOS (OSnya IPhone) dan Ipod.

Setelah font tersebut di hapus, Firefox saya dapat menampilkan halaman home Twitter dengan benar dan lanjut makan siang!

Leave a Reply