Beasiswa Beresiko dari Pendiri Paypal
December 20th, 2010, Written by: | Categories: News

Peter Thiel, orang yang membiayai Facebook serta pendiri Paypal membuat sebuah gebrakan yang besar, dan mungkin cukup kontroversial. Beasiswa sebesar $100.000 untuk 20 remaja yang berusia di bawah 20 tahun, yang memiliki ide-ide hebat — dan harus drop out.

Peter Thiel

Peter Thiel

Thiel merupakan seorang milyuner, manager hedge fund dan seorang venture capitalist. Terkenal dengan ide-ide mendorong yang tidak biasa dan cenderung kontroversial.

“Beberapa teknologi yang tranformasional dibuat oleh orang-orang yang berhenti sekolah (kuliah) karena mereka memiliki ide yang tidak bisa ditunggu sampai lulus,” menurut dia.

Thiel menyadari bahwa biaya pendidikan sekarang sangat tinggi. Oleh karenanya dia sadar bahwa perlu kesiapan untuk menerima resiko yang tinggi ini. “Dan kami merasa anda memang harus siap menerima resiko untuk mendirikan perusahaan generasi berikutnya.” Lagipula program seperti ini juga membantu menyelesaikan sebuah permasalahan yang banyak dihadapi orang saat ini, utang untuk biaya pendidikan. Thiel berharap dengan drop out dari sekolah mereka tidak perlu lagi terlalu mengkhawatiri utang tetapi hanya fokus pada hal-hal hebat.

Para pengusaha-pengusaha yang berkompetisi ini akan dimentor oleh eksekutif high-tech yang terkoneksi terhadap perusahaan-perusahaan Thiel, termasuk Facebook dan Paypal.

Jacob Weisber, seorang pengusaha juga, dan editor-in-chief yang berpengaruh di Slate Group berpendapat, Thiel melakukan “keegoisan tanpa penyesalan dan ekonomi Darwinis”. “Pada dasarnya pandangan seorang venture capitalist adalah narsisisme dan dengan demikian muncul hasrat untuk mengkloning dirinya.” tulis Weisberg. “Oleh karena itu para peserta ini akan memiliki kesempatan untuk menyamai sponsor mereka (Thiel) dan menghentikan pengembangan intelektual mereka di sekitar masa-masa kedewasaan, menjaga fokus pola pikiran sempit untuk kaya semuda mungkin, dan oleh karena itu menghindari untuk menolong orang lain dan kontribusi terhadap peningkatan ilmu pengetahuan dasar yang membuat keuntungan teknologi hebat memungkinkan.”

Program Thiel ini sebetulnya merupakan sebuah sentilan terhadap lembaga pendidikan saat ini, yang harganya semakin tinggi. Selain itu juga tidak memasukkan semangat wirausaha di dalam bagian pendidikan. Lagipula satu fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah para pengusaha yang cukup sukses di dekade ini cukup banyak. Sebut saja Bill Gates dan Paul Allen pendiri Microsoft, Steve Jobs pendiri Apple, Michael Dell pendiri Dell Computer, Larry Ellison salah satu pendiri Oracle, Shawn Fanning developer Napster, David Geffen pendri Geffen Records dan DreamWorks, Richard Branson, Simon Cowell, Roman Abramovich orang paling kaya di Rusia. Mark Zuckerberg sendiri hanya berumur 20 ketika launching Facebook, dan dia belum menyelesaikan kuliahnya di Harvard saat itu.

Beasiswa dari Peter Thiel juga menjadi salah satu pendorong perdebatan, apakah pendidikan tinggi merupakan sebuah keharusan sebagai jaminan hidup di masa depan?

More about: ,

One Response to “Beasiswa Beresiko dari Pendiri Paypal”

  1. Yusandhi

    iniii baruu yang namanya gebrakan, saya setuju dengan pendapat Thiel yg mnyebutkan orang dengan ide hebat tidak perlu menunggu selesei kuiah untuk dapat menjadi sukses dengan idenya. Toh sebagai pengusaha kita tidak perluu untuk mendapatkan gelar sarjana, apalagi PhD.

    Reply

Leave a Reply