Teknologi Bagi Tuna Netra Untuk Browsing
January 14th, 2011, Written by: | Categories: Internet

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai aksesbilitas di Internet. Setiap orang ingin websitenya dapat diakses oleh siapa saja dan orang yang mengaksesnya dapat menerima informasi darinya. Bagaimana dengan tuna netra yang tidak mampu melihat padahal dalam browsing sangat penting untuk bisa melihat?

Blindness

Blindness

Umumnya diperlukan dari dua sisi untuk memungkinkan seseorang yang mengalami keterbatasan penglihatan untuk browsing website. Yang pertama dari pihak web developer yang harus membuat website sesuai standar, misalnya standar 508. Sisi lain adalah penggunaan teknologi yang agak berbeda dengan komputer biasanya.

Umumnya tuna netra menggunakan alat yang disebut dengan screen reader, yaitu program untuk membaca konten dari komputer. Contoh screen reader misalnya Microsoft Narrator untuk sistem operasi berbasis Windows. Dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya seperti VoiceOver untuk MacOS, Linux Screen Reader untuk Linux dan NonVisual Desktop Access untuk Windows.

Sayangnya walaupun mungkin sudah ada screen reader di komputer sendiri, tetap ada kesulitan ketika ingin browsing di tempat umum seperti perpustakaan, cafe atau mungkin komputer teman.

Oleh karena itu muncullah screen reader berbasis web. Contohnya seperti Spoken-Web, sebuah portal web khusus yang mengatur konten artikel berita, cuaca, sains dan bisnis untuk pengguna komputer yang mengalami keterbatasan dalam penglihatan. Juga terdapat BrowseAloud aplikasi yang menambahkan fungsi text-to-speech pada konten webnya.

Teknologi lain yang juga berbasis web dan cukup terkenal yakni WebAnywhere, sebuah aplikasi open source pembaca web. Aplikasi ini mendapat penghargaan Accessible Technology Achievement Award dari Microsoft. Sistem ini ditulis dengan JavaScript, didownload dari server. Sistem ini dapat bertindak sebagai search engine dan juga sebagai pembaca konten. Dia akan mampu mengingat preferensi pengguna sehingga bisa mengantisipasi apa yang diinginkannya. Mau mencoba menggunakannya? Tinggal mengunjungi situsnya dan browsing dari sana, hanya saja pada saat artikel ini dibuat (14 Januari 2011) sepertinya sistemnya sedang mengalami masalah.

Leave a Reply