LeechBlocker: Mencegah Makan Gaji Buta
February 7th, 2011, Written by: | Categories: Tutorial

Misalnya, karena ingin beristirahat sebentar atau karena iseng, kemudian membuka website-website seperti facebook, youtube, kaskus atau website manga untuk baca komik. Tujuan awalnya yang hanya ingin refreshing sebentar malah akhirnya menghabiskan 2 jam (kadang lebih!) hanya untuk mengakses website tersebut. Akibatnya waktu pun terbuang percuma dan kalau dalam istilah perusahaan berarti produktivitas menurun. Oleh karena itu bagaimana caranya mengatasi website-website penghisap waktu ini?

LeechBlocker merupakan add-on Firefox yang akan memblokir website yang sudah ditentukan. Sangat cocok untuk menghindari melakukan pekerjaan yang kontra-produktif.

LeechBlocker merupakan add-on Firefox yang akan memblokir website yang sudah ditentukan. Sangat cocok untuk menghindari melakukan pekerjaan yang kontra-produktif.

Kalau anda merupakan pengguna setia Firefox dan tidak menggunakan browser lain, maka anda bisa melakukan sesuatu untuk mencegah masalah ini yang mengganggu produktivitas kerja anda  (atau bahkan karyawan anda).  Firefox memiliki sebuah add-on bernama LeechBlock yang kalau terjemahkan secara harfiah berarti pemblokir lintah. Di karenakan dia bertugas menghalau anda dari website-website penghisap waktu berharga yang sifatnya seperti lintah yang menghisap darah. Untuk menginstalasi add-on ini cukup gampang. Kita tinggal ke websitenya https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/leechblock/ dan mendownload-nya.

LeechBlocker Setting 1

Setelah selesai download, instalasi dan restart Firefox, maka tinggal melakukan konfigurasi pada add-on ini. Misalnya kita ingin melakukan pemblokiran website-website tertentu maka bisa mengisinya di kotak nama-nama domain. Kita bisa menamakan sekelompok website-website ini misalnya “Pengganggu” di kotak nama. Setelah selesai maka tinggal mengklik Next >.

LeechBlocker Setting 2

Kemudian misalnya kita ingin blokir pada hari dan jam kerja saja dari Senin sampai Jumat, maka kita dapat memberi centang pada kotak Mon, Tue, Wed, Thu, Fri. Kemudian misalnya jam kerja kita adalah dari jam 9 pagi sampai 5 sore dan pada jam istirahat siang dari jam 12 sampai jam 2 diberi kelonggaran, maka kita bisa memasukkan jamnya pada kotak jam. Format jamnya adalah ala militer, yaitu “0900-1200, 1400-1700″. Kotak time limit bisa diisi apabila ingin memberi sedikit kelonggaran supaya kita diperboleh mengakses website yang sudah ditentukan tadi selama beberapa menit. Misalnya kita ingin boleh mengakses website-website tadi paling lama 10 menit setiap 2 jam, maka dapat mengisi kotak limit time “10″ dan pada drop down sebelahnya memilih “2 hours”. Sedangkan setting “within time periods AND after time limit” lebih dianjurkan yang artinya pemblokiran dilakukan apabila  limit tadi sudah habis DAN masih dalam jam kerja yang sudah disetting kita. Setelah itu bisa diklik Next > lagi.
LeechBlocker Setting 3 Pada tahap terakhir kita bisa menentukan ketika diblokir ingin di-redirect ke website mana. Lebih disarankan me-redirect ke website perusahaan anda sehingga anda teringat untuk bekerja :D Atau anda juga bisa meredirect ke tempat kosong dan lain sebagainya. Di bawah kotak redirect ada 5 opsi yang mencegah kita untuk melakukan utak atik terhadap konfigurasi sistem. Sehingga ketika anda tergoda untuk menonaktifkan konfigurasi ini, anda tidak bisa melakukannya. Setelah semuanya selesai maka tinggal klik “OK”, dan sistem akan langsung berjalan.

LeechBlock merupakan sebuah aplikasi add-on yang sangat berguna bagi yang tidak dapat menahan godaan selama bekerja. Tetapi tentu saja hanya bisa menghalau anda di Firefox. Tetapi ketika anda memiliki browser lain tetap saja anda bisa mengaksesnya. Jadi sebenarnya aplikasi ini lebih cocok untuk dipakai oleh diri kita sendiri, sehingga kita sadar kapan waktunya kerja dan kapan waktunya istirahat.

More about: , ,

One Response to “LeechBlocker: Mencegah Makan Gaji Buta”

Leave a Reply