Game HTML5 dan JavaScript
December 22nd, 2011, Written by: | Categories: Opinion, Programming

Saat ini game berbasis HTML5 dan JavaScript mulai bermunculan. Bahkan di Facebook sendiri yang dulunya lebih banyak game berbasis Flash, saat ini sudah memiliki beberapa game berbasis HTML5. Jika bertanya apa kelebihan membuat game dengan HTML5? Maka sudah pasti jawabannya adalah dapat dimainkan di browser tanpa plugin tambahan!

Sebetulnya semenjak tahun 2010 kemarin, sudah banyak yang membuat game berbasis HTML5 dan JavaScript ini. Misalnya saja doodle Pacman dari Google, ataupun game Pacman paling besar atau game biliar. Game-game ini bisa dikatakan sangat-sangat sulit (jika bukan mustahil) dikembangan apabila hanya mengandalkan HTML4.

Salah satu developer JQuery UI, Paul Bakaus juga memiliki ide untuk membuat game berbasis JavaScript. Tetapi karena dia tidak menemukan game engine sesuai kriterianya, akhirnya dia dan rekan-rekannya membuat engine baru sendiri dengan nama Aves Engine. Demo Aves Engine cukup memukau apalagi dengan versi yang masih alfa. Tidak mengherankan akhirnya perusahaan raksasa game Zynga mengakuisisi Dextrose AG, perusahaan Paul Bakaus untuk mendapatkan teknologi Aves Engine ini. Menurut penulis ini menjadi petunjuk bahwa Zynga pun sedang bersiap-siap memasuki game berbasis HTML5.

Berikut merupakan contoh beberapa game berbasis HTML5

Pirates Love Daisies

Pirates Love Daisies

Pirates Love Daisies : HTML5 Game

Agent8 Ball

Agent8 Ball

Agent8 Ball : HTML5 Games

Entanglement

Entanglement

Entranglement : HTML5 Game

Resortico

Resortico

Resortico : HTML5 Games

Air Hockey

Air Hockey

Air Hockey : Demo WebGL

Game-game HTML5 ini selain berjalan di browser modern, juga terkadang berjalan di browser mobile. Walaupun mungkin tidak maksimal tetapi tidak menutup kemungkinan kedepannya game di mobile pun berbasis HTML5, apalagi tidak semua mobile mendukung Flash secara native.

More about: , , ,

One Response to “Game HTML5 dan JavaScript”

Leave a Reply