Bloody Board: Kisah Bagaimana Gampangnya Massa Internet Digerakkan
April 12th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Vandalisme merupakan tindakan pengrusakan yang umumnya dilakukan di tempat umum. Misalnya mencoret-coret tembok dengan cat semprot, memecahkan lampu lalu lintas, ataupun merusak rambu-rambu lalu lintas. Di Internet juga bisa saja terjadi vandalisme. Hanya saja karena di dunia maya benda yang dirusak juga bukanlah benda fisik, sehingga agak gampang-gampang susah melakukan pengrusakan. Yang pasti pengrusakan yang paling mengerikan adalah pengrusakan yang dilakukan massa besar. Di Internet, sangat gampang sekali mempengaruhi satu kelompok massa besar sehingga efek vandalisme terkadang bisa sedemikian parahnya. Penulis kali ini akan menyajikan sebuah kisah nyata bagaimana sebuah artikel dapat memaksa orang menghapus forumnya.

Ini Semuanya Bermulai dari…

Cracked.com merupakan sebuah Web yang spesialisasi dalam menyajikan artikel-artikel lucu yang berbobot. Biasanya para kontributor tersebut bisa menyajikan tentang hasil penelitian ilmuwan, perilaku hewan, Internet atau segalanya. Cerita bermula dengan salah satu artikel Cracked.com mengenai 7 tempat paling menyeramkan di Internet pada tanggal 26 Oktober 2010. Salah satu Web yang mengerikan itu adalah The Buffy Board.

Postingan Jamie_marsters

Semua postingan di The Bloody Board hanyalah jamie_marsters

Artikel Cracked menjelaskan terdapat sebuah forum berjudul The Bloody Board yang betul-betul misterius dan agak menyeramkan. Sekilas forum ini terlihat normal, yakni sebuah forum yang membahas tentang film Buffy the Vampire Slayer. Dan di dalam forum ini terdapat seorang anggota yang sangat aktif bernama jamie_marsters. Anggota ini sedemikian aktif posting sehingga terkadang terlihat dia menulis beberapa posting dalam sehari. Tetapi setelah ditelusuri, ditemukan sebuah keanehan. Ketika penulis Cracked menjelajahi keseluruhan forum, akhirnya ditemukan satu fakta. Bahwa ternyata di forum tersebut hanya ada satu anggota saja. Ya, satu anggota saja, si jamie_marsters sendiri. Dan selama sepuluh tahun dia telah posting hampir 40.000 postingan. Selama sepuluh tahun dia hanya untuk posting dan me-reply dirinya sendiri terus menerus…

Akibat yang terjadi…

Mengingat tingginya pembaca Cracked.com tidak mengherankan akhirnya menarik orang-orang dari 4chan yang penasaran pun mengunjungi tempat tersebut. Dan banyak yang akhirnya bermain-main dengan forum itu. Dalam waktu singkat gelombang besar pengguna 4chan (yang dikenal dengan /b/tards) melakukan registrasi pada forum tersebut dan posting bermacam-macam di dalam forum tersebut. Yang ujung-ujungnya merusak forum.

Vandalisme di The Bloody Board

Salah satu vandalisme di The Bloody Board yang dilakukan oleh 4chan.

Vandalisme di The Bloody Board

Terkadang mereka memasang meme untuk lucu-lucuan.

Padahal sebenarnya…

Forum ini dipercaya merupakan milik Louisa Pearce seorang perempuan Australia. Ketika login sekitar pukul empat waktu setempat di hari yang sama, Pearce terkejut melihat forumnya tiba-tiba telah penuh dengan sampah. Dia mencoba menanggulangi kerusakan dengan melakukan ban anggota-anggota pengganggu. Tetapi lima puluh menit kemudian, dia akhirnya memutuskan menghapus seluruh forum tersebut. Sampai hari ini tidak pernah kembali lagi.

Pearce menjelaskan bahwa penanggulangan dengan menghapus dan mem-ban anggota pun tidak mampu menahan jumlah serangan yang datang ke forumnya. Oleh karena itu dia terpaksa harus menghapus forumnya. Dia menjelaskan sebenarnya The Bloody Board bukan dipergunakan sebagai forum, tetapi sebuah situs berita. Itulah sebabnya mengapa selama ini dia terus menerus posting sendiri. Walau forum The Bloody Board telah tiada, dia menyatakan tetap akan melansir beritanya di Twitter ataupun milis.

Kesimpulan

Sebuah situs dengan jumlah pengguna yang luar biasa banyak, umumnya dapat menciptakan kerusakan yang besar. Apalagi jika terdapat penggerak massa tersebut. Entah karena provokasi ataupun pancingan dari pihak lain.

Kasus The Buffy Board merupakan sebuah bentuk contoh bagaimana sebuah artikel yang kurang tepat dapat memancing segerombolan orang untuk melakukan pengrusakan. Kita sebagai seorang pengguna Internet yang cerdas, sudah pasti harusnya jangan gampang terpancing ataupun terprovokasi. Harus selalu memastikan keabsahan suatu informasi bukan tanpa menelannya mentah-mentah. Dan mampu mengendalikan diri supaya tidak mengganggu orang.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah pernah mendapat serangan seperti ini?

More about: , ,

Leave a Reply