Mulai Dari Mana Belajar Yii Framework?
May 18th, 2012, Written by: | Categories: Opinion, Programming, Tutorial, Yii Framework

Di Indonesia, walaupun masih bukan yang paling populer, tetapi Yii Framework membuktikan dirinya semakin hari semakin banyak yang mulai tertarik untuk mempelajarinya. Tidak mengherankan Yii Framework sangat ringan, koding yang sangat rapi dan begitu mengerti cara penggunaannya dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi Web.

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan orang yang baru pertama kali ingin belajar Yii Framework adalah “Dari manakah saya harus memulai kalau ingin belajar Yii Framework?” Nah, artikel kali ini penulis mencoba membantu memaparkan langkah-langkah untuk mempelajari Yii Framework berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Untuk memulai mempelajari bahasa pemograman baru ataupun framework baru, penulis percaya belajar dengan membuat aplikasi keluar merupakan teknik pembelajaran terbaik. Hanya dengan diberikan kasus untuk membuat sesuatu, baru akan terlihat apa yang harus dikuasai. Nah, di dalam Yii Framework pembuat Yii telah menyediakan sebuah tutorial bagaimana membuat Blog. Untuk mendapatkan tutorialnya silahkan mengunduh di file dokumentasi Yii.

Jadi langkah pertama adalah mempelajari tutorial bagaimana membuat blog Yii. Supaya bisa memahami tutorial dengan baik minimal harus ada pengetahuan mendasar mengenai PHP dan SQL. Jika masih belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai itu, lebih baik bacalah buku tutorial terlebih dahulu sebelum memulai belajar Yii Framework.

Pada tutorial bab-bab yang harus dibaca adalah:

  1. Bab 1 : belajar bagaimana menginstalasi aplikasi Yii baru. Selain itu akan dibahas struktur aplikasi yang akan dibuat.
  2. Bab 2 :  belajar bagaimana men-generate kode secara otomatis dengan Gii (atau dikenal dengan istilah scaffolding).
  3. Bab 3 : dengan menggunakan satu model (yakni model Post) belajar bagaimana mengatur MVC-nya. Di sini juga akan dipelajari bagaimana memahami bagaimana menerapkan CRUD (Create, Read, Update dan Delete).
  4. Bab 4 : bab ini membahas bagaimana mengatur model Comment. Di sini akan dipelajari operasi relasi database.
  5. Bab 5 : belajar mengenai portlet. Bab ini bisa diloncat. Alasannya, Anda bisa membuat hal yang sama dengan menggunakan widget (CWidget). Dan CWidget jauh lebih sederhana.
  6. Bab 6 : belajar hal-hal ekstra mengenai Yii Framework. Bab ini bisa dilangkahi juga, jika Anda hanya dalam tahap belajar.

Bab 2, Bab 3 dan Bab 4 merupakan inti utama dari pemograman Yii Framework. Jika Anda menguasainya, maka seharusnya Anda sudah mampu membuat aplikasi lain tanpa kesulitan.

Jika pada tutorial di atas kurang mengerti, Anda dapat mengecek di bagian panduannya. Jika panduan Yii tidak menjelaskan masalah, maka carilah jawabannya di dalam forum. Jika ternyata pertanyaan Anda belum pernah ditanyakan di forum, silahkan mendaftar menjadi anggota dan post pertanyaan di thread utama (Indonesia ataupun Internasional). Akan banyak orang dengan senang hati membantu Anda.

Anda juga bisa mempelajari tutorial dari sini:

Jika setelah mengikuti tutorial tadi,  Anda memiliki pertanyaan seperti “CHTML itu ada fungsi apa saja sih”, “CGridView itu ada atribut apa saja yah”, atau “CActiveRecord bisa diapain saja”, maka Anda dapat menemukan jawabannya di referensi fungsi Yii. Halaman referensi sangatlah penting sekali, mengingat banyak sekali method-method yang ada pada kelas Yii.

Demikianlah pendapat penulis mengenai cara memulai pembelajaran Yii Framework. Jika Anda ada saran mengenai cara penulis atau pertanyaan, jangan sungkan-sungkan meninggalkan komentar di sini.

More about: ,

9 Responses to “Mulai Dari Mana Belajar Yii Framework?”

  1. bocah ndesa

    terima kasih informasinya Gan… jadi sedikit ada gambaran tentang Yii.
    saya hanya orang desa yang pengin belajar… semangat dan semangat.

    Reply
  2. MusKaTunaro

    ALhamdulillah, sangat bahagia saya ketemu blok computesta. Sy ingin jd master Yii, hehe… terima kasih telah berbagi ! Mari kita belajar Yii tanpa henti !!! Thanks. Muskatunaro

    Reply

Leave a Reply