Pekerjaan Apakah Web Producer Itu?
May 7th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Miscellaneous

Jika Anda sering berhubungan dengan dunia pengembangan Web mungkin Anda sudah sering mendengar nama Web designer atau Web developer. Nah pernahkah Anda mendengar nama Web producer atau dikenal juga sebagai Online Producer? Mari berkenalan dengan pekerjaan ini lebih dekat!

Seorang Web producer secara sederhana merupakan orang yang mengubah desain menjadi HTML dan CSS serta bertanggung jawab mengatur konten Web. Desain akan didapatkan dari Web designer, sedangkan konten situs dibuat oleh sang penulis Web. Web producer bertanggung jawab untuk menyatukan semua elemen-elemen tersebut supaya Web tersebut menyatu dengan harmonis. Jadi tidak heran jika mereka pada umumnya bertanggung jawab untuk menangani CMS perusahaan.

Web Producer

Seorang Web Producer tentunya harus kreatif juga. Jadi gigitlah pensil supaya Anda kelihatan kreatif.

Seorang Web producer harus memiliki pengetahuan mengenai HTML dan CSS (bahkan HTML5 dan CSS3). Mereka bahkan mungkin sudah terbiasa segala sifat dan kebiasaan browser yang ada. Karena tuntutan klien pada umumnya adalah Web yang bisa tampil sempurna di segala browser.

Mereka juga biasanya harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan Web designer, penulis konten Web atau bahkan Web developer. Karena pekerjaannya hampir berhubungan dengan tiga pekerjaan itu. Web producer harus mampu mengubah rancangan dari sang Web designer menjadi HTML dan CSS sesuai harapan sang desainer, dan mampu mengakomodasi konten yang ditulis oleh penulis konten serta tidak bertentangan dengan sistem yang dibuat oleh Web developer.

Persaingan Antar Browser

Persaingan Antar Browser harus menjadi makanan sehari-hari Web Producer

Secara umum fungsi Web producer seperti demikian walaupun tidak seragam pada semua perusahaan. Bahkan pada beberapa perusahaan Web producer juga harus bertanggung jawab akan keberhasilan suatu situs dalam menggaet pengunjung, terutama untuk Web yang pendapatan utama mereka berasal dari pemasangan iklan. Jadi mereka harus memikirkan ide, desain dan sejenisnya kemudian bekerja sama dengan tim lainnya untuk menciptakan sebuah Web yang sukses.

Pekerjaan Web producer, jika sesuai deskripsi di atas, seharusnya jumlahnya sangat banyak. Hanya saja mengapa di dunia Web development, kita jarang sekali mendengar pekerjaan seseorang sebagai Web producer? Ini sebenarnya disebabkan banyak orang yang salah kaprah menyebut dirinya sebagai Web designer atau Web developer, padahal mungkin lebih patut dipanggil sebagai Web producer. Tetapi nama sebuah pekerjaan hanyalah sebuah nama. Karena pada dasarnya orang hanya ingin mendapatkan hasil, mereka tidak peduli dengan nama jabatan. Jadi itu sebabnya sebagian besar para pekerja di dunia Web malas membedakan dirinya sebagai Web designer, Web developer ataupun Web producer.

Apakah Anda adalah seorang Web producer?

More about: , ,

Leave a Reply