Smashing Magazine: Majalah Untuk Web Developer dan Desainer
May 30th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Smashing Magazine merupakan salah satu blog populer yang mengangkat topik mengenai desain dan pengembangan Web. Biasanya Web ini menjadi tempat kunjungan favorit para desainer Web yang kehabisan ide untuk merancang sebuah tampilan Web baru. Atau tempat berpaling para developer front-end yang kebingungan dengan masalah CSS dan JavaScript. Ingin tahu sepak terjang situs yang satu ini? Ikuti artikel berikut ini!

Smashing Magazine diluncurkan pada September 2006 oleh Sven Lennartz dan Vitaly Friedman. Target utama Web ini adalah memberitakan teknologi dan teknik terbaru seputar pengembangan Web. Mereka berjanji akan me-smash para Web developer dengan informasi yang bermanfaat. Sebelumnya Sven Lennartz merupakan pendatang baru di dunia blogging. Sedangkan Vitaly Friedman, dikenal sebagai pembuat The Web Developer’s Handbook. Ketika pertama kali mendaftarkan nama smashingmagazine.com, sama sekali tidak terbesit di dalam benak mereka, akan sebesar apa situs ini kelak. Mereka hanya berniat mencoba menulis beberapa artikel dan mencoba melihat hasilnya bagaimana terlebih dahulu.

Vitaly Friedman

Pada masa-masa awal, Smashing Magazine sering dikritik karena kontennya yang tidak orisinil. Tetapi berkat kerja keras tim SM yang gigih terus meningkatkan kualitas pekerjaan editorial sehingga menghasilkan artikel yang profesional sehingga membuat SM semakin bagus. Bisa dikatakan ini berkat dengan kesediaan tim SM untuk menerima kritik, walau mungkin tidak menerima semua kritik dari pembaca.

Penulis pribadi juga merasa kritik yang membangun akan membuat apapun semakin maju. Tetapi kita tidak mungkin bisa memenuhi seluruh keinginan pembaca. Kritik yang tidak sejalan dengan visi suatu blog, tentunya hanya dapat ditampung.

Smashing Magazine juga memberikan kesempatan kepada penulis-penulis lain untuk menuangkan pemikirannya ke situs ini. Dan pastinya setiap artikel yang terpasang, akan mendapatkan honor penulisan. Walaupun demikian Smashing Magazine tidak main-main dengan kualitas konten. Mereka bahkan memanfaatkan The Experts Panel (tim review dari eksternal) sebuah untuk melakukan review terhadap konten yang akan ditulis. Konten yang akan dipublikasi minimal harus mendapat dua persetujuan dari sang pe-review. Jadi Anda bisa membayangkan sendiri betapa serius tim SM dalam masalah kualitas konten.

Selain konten-konten artikel, Smashing Magazine juga secara rutin merilis komik strip dengan tokoh utamanya Fleaty the Geek Bug, mengangkat kisah sehari-hari seekor kutu di dunia Web development.

Fleaty the Geek Bug

Salah satu komik mengenai Fleaty. Cara menghasilkan uang dengan blog!

Smashing Magazine saat ini sudah menjadi sebuah perusahaan dengan nama Smashing Media GmbH. Dengan lokasi kantor yang terletak di Freiburg di Jerman, SM sampai saat ini masih mengajak orang-orang yang tertarik untuk bergabung dengan mereka di halaman About mereka. Kelebihan yang ditawarkan? Anda bisa bekerja di sebuah kota di Jerman yang penuh dengan bangunan masa abad pertengahan, ladang anggur yang cantik, dekat dengan Black Forrest dan Swiss Alps ada di sekitar situ. Apa ada yang tertarik?

Biergarten Freiburg

Pemandangan biergarten (taman bir), di Freiburg sehabis hujan.

 

More about: , , ,

Leave a Reply