Aman Berbelanja Online dengan Escrow
June 27th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Maraknya penipuan online membuat sebagian orang ragu-ragu untuk berbelanja di Internet. Tetapi mengingat kemudahan untuk berbelanja di Internet, tentunya akan sangat disayangkan. Jadi, bagaimana caranya supaya orang-orang tetap bisa berbelanja secara online tetapi terhindar dari resiko tertipu? Internet escrow menjadi jawabannya. Apa itu?

Escrow merupakan sebuah sistem di mana suatu benda atau uang diserahkan kepada pihak ketiga, sampai suatu transaksi atau perjanjian sudah dilaksanakan. Jadi, misalnya seorang pembeli ingin membeli ponsel dari seorang penjual di Internet. Pembeli mengajukan untuk memakai jasa escrow, dan penjual menyetujuinya. Maka pembeli bisa membayarkan uang ponsel kepada agen escrow dulu. Agen escrow akan memberi tahu ke penjual bahwa uang telah diterimanya, jadi penjual sudah bisa mengirimkan barangnya. Ketika barang sudah sampai, maka agen escrow akan mentransfer uang tersebut kepada sang penjual.

Dengan sistem demikian, baik dari pembeli maupun penjual tidak akan dirugikan. Pembeli tidak khawatir uangnya ditipu, penjual pun tidak perlu khawatir barangnya diambil tanpa dibayar.

Di Indonesia ada jasa escrow yang cukup populer yang dinamakan Rekening Bersama atau biasanya disingkat Rekber. Rekber sendiri sudah berdiri semenjak tahun 2006, pada saat itu forum Kaskus semakin ramai dengan kegiatan jual beli, dan juga maraknya kasus penipuan. Rekening Bersama berawal dari hasil diskusi dari para penjual dan pembeli rutin di Kaskus yang ingin meminimalisir jumlah penipuan yang sempat tinggi-tingginya di Kaskus supaya Forum Jual Beli tetap bisa menarik minat orang untuk berjualan ataupun berbelanja. Hasilnya terbukti sangat efektif. Bahkan belakangan Rekber melebarkan sayapnya untuk menangani transaksi di luar Forum Jual Beli Kaskus.

Tata Cara Rekening Bersama

Alur jasa escrow. Dengan alur sederhana ini proses transaksi jauh lebih aman dan nyaman.

Tetapi satu hal yang harus diwaspadai adalah escrow palsu. Bukannya mentransfer uang kepada penjual, agen escrow palsu malah membawa kabur uang yang dititipkan oleh sang pembeli. Oleh karena itu, pastikan manfaatkan jasa escrow yang sudah dikenal dan terpercaya. Walaupun dengan menggunakan jasa escrow agak memakan waktu dan sedikit biaya, tetapi bukankah proses belanja Anda di Internet menjadi lebih aman? Bagaimana pendapat Anda?

More about: , ,

4 Responses to “Aman Berbelanja Online dengan Escrow”

  1. Colocation Server

    Memang belanja online di tempat-tempat yang memiliki sistem escrow jauh lebih aman dibanding bertransaksi langsung kepada penjualnya. Setidaknya, uang kita aman ditangan pihak ketiga hingga produk yang kita inginkan kita terima.

    Reply
    • Davidh

      An impressive share, I just given this onto a couelagle who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thanks for the treat! But yeah Thanks for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post!

      Reply

Leave a Reply