Korupedia: Ensiklopedia Koruptor Indonesia
June 15th, 2012, Written by: | Categories: Internet

Pada tanggal 12 Juni 2012 kemarin, di Indonesia ada peluncuran situs baru bernama Korupedia. Situs ini menjadi database orang-orang yang terbukti melakukan korupsi. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan efek jera kepada para koruptor. Selain itu juga untuk mewanti-wanti kepada orang lain supaya jangan sampai melakukan tindakan tercela itu.

Data yang ditampilkan di situs ini akan bersifat permanen. Artinya data orang yang sudah dipasang, tidak akan dihapus. Data yang diinput adalah orang yang sudah terbukti secara hukum bahwa telah melakukan tindakan korupsi. Harapannya, data ini bisa dilihat terus sampai oleh anak cucu kita.

Tim yang berada di belakang situs ini adalah Transparency International Indonesia, sebuah organisasi non-pemerintah yang bertujuan untuk memerangi dan memberantas korupsi. “Seluruh data akan kami verifikasi terlebih dahulu, lengkap dengan tautan terbaru. Setelah itu baru kami publikasikan di Korupedia,” ujar Teten Masduki, Sekjen TTI. Lebih lanjut, Teten menjelaskan bahwa Korupedia didedikasikan sebagai ensiklopedia terbuka tentang korupsi di Indonesia. Sumber data yang akan mereka terbitkan merupakan putusan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht).

Situs Korupedia

Tampilan daftar orang-orang korupsi di Korupedia. Di antara daftar, ada yang Anda kenal?

Dari hasil pantauan penulis mengenai situs ini, terdapat 103 data orang yang melakukan tindakan korupsi. Dari situs ini, pengunjung bisa mengetahui berapa nilai yang dikorupsinya, mendapat hukuman denda sebesar berapa serta dipenjara berapa lama. Beberapa data masih belum lengkap karena tidak adanya foto. Tetapi secara keseluruhan data yang dikumpulkan cukup jelas. Bahkan Korupedia, juga menyediakan link-link yang menunjukkan pemberitaan korupsi orang bersangkutan.

Dari artikel Tentang Kami di Korupedia, penulis bisa menangkap kegeraman para pendiri terhadap para koruptor-koruptor di Indonesia. Sehingga mereka mengajak orang-orang untuk melakukan perlawanan bersama. Dengan membuat monumen, atau tugu peringatan bagi para koruptor-koruptor ini. Penulis berharap usaha dari tim Korupedia ini mampu menekankan jumlah korupsi di Indonesia secara nyata. Semoga Indonesia menuju pemerintahan yang bersih! Bagi yang penasaran, silahkan langsung mengunjungi Korupedia.org di sini!

More about: , ,

Leave a Reply