Bandwidth Menjadi Emas Hitam Selanjutnya
May 13th, 2010, Written by: | Categories: Internet

Kita tentunya tahu emas hitam atau dalam bahasa Inggris disebut “black oil” merupakan sebuah istilah yang ditujukan ke minyak bumi.  Semenjak kebutuhan terhadap minyak melonjak tinggi dikarenakan semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, otomatis permintaan akan minyak meningkat. Pada saat itu, siapapun yang menguasai minyak, maka dia akan kaya. Itu sebabnya dijuluki sebagai emas hitam.

Internet Lambat

Jika bandwidth terbatas, maka internet akan menjadi lambat

Sekarang kita sudah memasuki abad ke 21, era informasi. Terdapat sebuah ide yang sangat menarik dari artikel dari Times berjudul 10 Ideas for Next 10 Years. Salah satu ide yang dipaparkan adalah, bandwidth akan menjadi emas hitam yang baru. Alasannya, di Amerika penggunaan akan internet terus meningkat, salah satu penyebabnya dengan semakin lazimnya mobile-phone yang mampu mengakses internet. Tidak aneh sampai muncul kasus seorang pria California mendapat tagihan sebesar $22000 gara-gara anaknya ataupun kasus sebuah keluarga New York mendapat tagihan $4.800 gara-gara fungsi cek email otomatis iPhone mereka. Kejadian itu menunjukkan fakta bahwa selain orang Amerika membutuhkan bandwidth juga terdapat sebuah permasalahan yang cukup sulit terlihat :  jumlah bandwidth tidak mencukupi terhadap jumlah permintaan orang Amerika.

Seiring dengan krisis bandwidth, otomatis bandwidth menjadi sesuatu yang begitu berharga. Bandwidth di sini artinya adalah saluran yang dibutuhkan untuk menghantarkan informasi. Jadi, ketika seseorang menonton video dari Youtube tentunya dia menggunakan bandwidth lebih besar daripada orang yang membaca email.

Jika bandwidth bisa sampai terjadi krisis, maka seharusnya kelak akan terjadi pergeseran pengembangan teknologi.  Salah satu contoh bagaimana memanfaatkan bandwidth dengan baik contohnya Google. Google menyediakan jasa webhosting dengan perhitungan penggunaan bandwidth. Artinya ada yang mengakses website anda, anda baru harus membayar Google, dan sebaliknya jika website anda tidak ada yang mengunjungi sama sekali, maka anda tidak perlu membayar. Terlihat jelas sekali jika semakin bandwidth digunakan semakin kayalah Google. Sudah dekatkah era siapa yang menguasai bandwidth akan menjadi seorang miliuner?

More about: , , , ,

Leave a Reply