Sejarah Perang Browser Kedua
October 17th, 2010, Written by: | Categories: Internet

Setelah kemenangan mutlak Internet Explorer (IE) vs Netscape Navigator, Netscape mempublikasikan source codenya sebagai open-source dan mempercayakannya pada komunitas non-profit mereka yang baru didirikan, Mozilla Foundation untuk menciptakan penerus. Browser yang diprakasai oleh Dave Hyatt, Joe Hewitt dan Blake Ross ini mengalami beberapa kali perubahan nama. Pertama kali browser ini bernama Phoenix, tetapi mengalami masalah merk dagang dengan Phoenix Technologies. Kemudian mereka menggantikannya menjadi Firebird tetapi diprotes keras dari para pendukung projek database free, Firebird.

Persaingan Antar Browser

Persaingan Antar Browser

Karena mendapat protes terus menerus, akhirnya kelompok Mozilla Foundation menggunakan nama Mozilla Firebird untuk menghindari konflik nama dengan software database. Tetapi karena terus ditekan juga, akhirnya pada tanggal 9 Februari 2004, Mozilla Firebird mengubah namanya menjadi Mozilla Firefox.

Firefox terbukti cukup tangguh untuk menghadapi IE. Berdasarkan statistik W3Schools, pada awal tahun 2005 Firefox mendapatkan pangsa pasar sebesar 16.6% dan sekarang, menjelang akhir 2010, Firefox sudah mendapatkan pengguna sebanyak 45%. Memang statistik ini tidak dapat sepenuhnya dipercaya, namun cukup memberi gambaran pada kita bahwa sekarang ini dua pemain utama dalam pertempuran browser adalah IE dengan Firefox.

Tetapi perang browser kali ini tidak sesederhana IE versus Firefox. Karena muncul pemain-pemain baru yang bisa saja suatu saat menyalip posisi satu dan kedua. Penantang pertama adalah Opera. Browser ini pertama kali dirilis pada tahun 1996. Opera masih bersifat bayar sebelum versi 5 yang dirilis tahun 2000. Setelah versi 5, Opera menjadi gratis dengan bertambah iklan sebagai kompensasinya. Akhirnya pada versi 8.5 seluruh iklan dihilangkan dan sekarang kekuatan finansial mereka berasal dari pendapatan di Google (sebagai search engine default Opera).

Opera selalu menjadi penggagas fitur baru pada browser. Sistem multiple tab, mouse gesture, atau speed dial merupakan contoh hasilnya yang semua terbukti sangat memudahkan pengguna dan diimplementasi beberapa browser lain. Walaupun pangsa pasarnya yang hanya sekitar 1%, Opera umumnya selalu mendapat respon positif dari user. Selain itu Opera juga sangat terkenal di platform lain seperti PDA atau smartphone dengan Opera Mobile, handphone dengan Opera Mini dan bahkan pada Nintendo DS maupun Wii.

Browser penantang berikutnya adalah Safari dari Apple. Safari diperkenalkan 2003 dan akhirnya dijadikan browser default bagi Mac OS mulai dari versi 10.3 yang bertujuan untuk menggantikan IE For Mac. Langkah Apple ini berhasil memukul telak IE. Dalam sekejap pangsa pasar IE di Mac berkurang drastis. Microsoft yang melihat keadaan ini akhirnya juga memutuskan tidak mendevelop IE untuk Mac lagi. Selain digunakan di komputer desktop, Safari juga diimplementasi pada produk Apple yang lain seperti iPhone dan iPad. Safari sekarang menguasai pangsa pasar desktop sekitar 5%.

Dan satu lagi penantang baru yang diramalkan akan menjadi ancaman terbesar bagi para browser adalah buatan perusahaan raksasa internet, Google yang dinamakan Chrome. Pertama kali dirilis dalam versi beta pada tahun 2008. Chrome difokuskan untuk meningkatkan keamanan, kecepatan dan kestabilan. Browser ini memiliki tampilan yang sangat ringkas, karena tidak memiliki menu bar seperti pada window browser pada umumnya. Memiliki modus penyamaran. Memiliki teknologi pengelolaan memori yang terpisah, sehingga salah satu tab mengalami crash tidak akan mengakibatkan satu browser crash. Memiliki fungsi antipenipuan karena memiliki sistem blacklist website berbahaya atau scam. Tidak mengherankan Chrome yang baru dirilis beberapa tahun sudah menguasai sekitar 15% pangsa pasar dan terus menunjukkan tren peningkatan.

Persaingan ini tentunya masih berlanjut sekarang, dan pastinya akan merupakan perperangan yang panjang. Statistik pengguna kemungkinan akan terus menerus mengalami perubahan seiring setiap rilis versi terbaru browser-browser tersebut. Sampai saat artikel ini ditulis, perkembangan terakhir adalah IE mengeluarkan versi 9 pada tanggal 15 September 2010. Chrome mengeluarkan versi 8.0.552 pada tanggal 12 Oktober 2010. Firefox juga tidak ketinggalan dengan akan merilis versi 4 yang dijadwalkan pada bulan November 2010.

Seperti apakah hasil perperangan sebetulnya tidak akan memberi efek besar bagi pengguna awam. Karena tentunya adalah sebuah aplikasi yang semakin baik, semakin aman, semakin cepat dan semakin mudah digunakan. Tetapi perperangan browser ini akan sangat menentukan langkah seorang pengembang web dalam merancang website. Karena selama tidak adanya satu kesepakatan antar sesama browser dalam hal standardisasi HTML, CSS ataupun Javascript maka web developer selalu harus menghabiskan waktu lebih untuk membuat website supaya bisa dijalankan browser manapun.

3 Responses to “Sejarah Perang Browser Kedua”

  1. Kelly

    Saya suka Opera mini untuk ponsel saya. Ini mengalahkan semua tangan yang lain ke bawah. Hanya pendapat saya

    Reply

Leave a Reply