Sejarah Internet Explorer
March 19th, 2011, Written by: | Categories: Internet

Web browser yang satu ini pada satu masa pernah menjadi sumber derita para web developer. Dia pada satu masa pernah menjadi pemenang perperangan browser. Dia merupakan salah satu peserta utama dalam sejarah perkembangan internet dan web browser. Segala kekurangan dan kelebihannya walaupun disukai atau dibenci, dia merupakan satu tonggak penting dalam dunia Internet. Dia adalah Internet Explorer.

Logo Internet Explorer

Internet Explorer

Jika ingin membahas sejarah dari Internet Explorer maka tidak akan terlepas dari browser Mosaic dari perusahaan Spyglass. Spyglass didirikan pada tahun 1990. Pada tahun 1994, mereka melisensikan browser Mosaic dari NCSA. NCSA yang kepanjangannya dari National Center for Supercomputing Applications adalah sebuah bentuk kerja sama antar negara bagian dan federal Amerika guna pengembangan infrastruktur cyber skala nasional. Di NCSA inilah Marc Andreessen dan Eric Bina merupakan orang yang pertama-tama mendesain Mosaic.

Marc Andreessen belakangan kemudian keluar dari NCSA dan mendirikan Mosaic Communication Corporation yang berubah nama menjadi Netscape Communications Corporation dan terakhir Netscape Navigator. Spyglass kemudian mengambil lisensi Mosaic dari NCSA (itulah mengapa Andreessen harus merubah nama perusahaan menjadi Netscape supaya tidak konflik). Spyglass tidak memanfaatkan coding Mosaic malah mereka  menulis ulang coding karena code dari NCSA berbeda-beda untuk setiap platform (UNIX, Windows dan Mac OS) yang kemudian dari pihak Spyglass disamakan semuanya.

Pada tahun 1994, Microsoft mulai menyadari bahwa pangsa pasar di browser sangat besar dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tetapi mereka tidak ingin menghabiskan waktu untuk menulis code dari nol. Oleh karena itu mereka berinisiatif mencari Netscape untuk meminta lisensi browser Netscape Navigator, yang sayangnya ditolak. Akhirnya Microsoft pun menemui Spyglass dan membeli lisensi Mosaic pada tahun 1995. Dengan melakukan modifikasi sana sini, akhirnya lahirlah Internet Explorer 1.0 sebagai add-on di Windows 95 paket Microsoft Plus! pada bulan Agustus 1995.

Tidak lama beberapa bulan kemudian pada awal 1996 Internet Explorer versi 2 muncul. Versi ini memiliki improvisasi internal seperti hadirnya dukungan SSL, HTTP cookie, mendukung HTML table dan frames. Lalu dilanjutkan versi 3 pada tanggal 13 Agustus 1996. Versi 3 dari IE merupakan browser komersial pertama yang menggunakan CCS. IE 3 sudah tidak memanfaatkan code dari Spyglass, hanya saja karena masih menggunakan teknologinya maka di bagian informasi lisensi IE masih terdapat nama Spyglass. Dengan browser versi inilah Microsoft mulai mengancam Netscape walaupun tidak menguasai jumlah pasar yang signifikan.

Internet Explorer 4 dirilis pada September 1997. Browser ini merupakan peserta utama dalam perperangan browser pertama. Selain itu, browser ini juga merupakan awal kasus pengadilan yang terkenal dengan nama Microsoft versus Amerika Serikat karena cara Microsoft dalam membundel nya yang memaksa pengguna Windows harus memiliki Internet Explorer. Engine Trident diperkenalkan di sini. Beberapa fitur yang diperkenalkan adalah Dynamic HTML dan Favicon. Internet Explorer 5 muncul di pasaran pada bulan Maret 1999. Perperangan browser antar IE dengan Netscape masih berlanjut. Kasus pengadilan pun tetap berjalan. Fitur utama yang terlihat jelas sudah ada Search Bar, Favourites, AutoComplete, integrasi dengan Hotmail.

Internet Explorer 6 dirilis pada tahun 2001, 27 Agustus. Browser ini merupakan salah satu browser paling istimewa, karena jarak rentang dengan browser versi selanjutnya paling lama (sekitar 5 tahun). Dikarenakan waktu di pasaran yang terlalu lama akibatnya terjadi permasalahan security yang serius serta kurangnya dukungan pada standar web modern. Beberapa publikasi mengecap sebagai “software tingkat keamanan paling minim di planet ini”. IE 6 merupakan browser dalam sejarah IE memiliki pangsa pasar tertinggi, yakni sekitar 90% pada tahun 2002-2003. Dikarenakan jumlah pengguna yang sangat tinggi, kampanye mendorong user untuk upgrade atau ganti browser pun akhirnya digalakkan.

Contoh gerakan anti IE 6 misalnya pembuatan website Bring Down IE, langkah Google mengumumkan tidak mendukung IE 6, pemerintahan Jerman dan Perancis menyarankan masyarakatnya untuk pindah dari IE6. Masyarakat Inggris sebenarnya mengeluarkan petisi ke pemerintahannya untuk berhenti menggunakan IE6 yang sayangnya masih ditolak. Microsoft Australia sendiri meluncurkan kampanye untuk upgrade ke IE8. Youtube menarik dukungan IE6 sesuai perusahaan utamanya (Google). Dari pihak Microsoft sendiri menyatakan akan menghentikan dukungan IE6 setelah dukungan Windows XP SP3 dicabut yang berarti pada tahun 2014, walau mereka sendiri sudah mulai mendorong pengguna untuk hengkang dari IE6.

Windows Internet Explorer 7 hadir pada bulan Oktober 2006. Fitur yang paling terlihat jelas adalah dukungan multi-tab, page zooming, kotak search yang terintegrasi. Dukungan standar sudah meningkat pada CSS, DOM dan HTML tetapi masih belum lolos tes Acid2 namun setidaknya dukungan transparansi PNG sudah ditambahkan. Dari versi 1 sampai versi 6, IE selalu menyertakan lisensi NCSA Mosaic dari Spyglass di bagian About-nya. Tetapi mulai versi ini sudah ditiadakan dikarenakan pihak Microsoft sudah melakukan audit secara menyeluruh pada IE untuk memastikan sudah tidak ada code dari Spyglass pada versi 7 ini. Dan di versi ini namanya menjadi Windows Internet Explorer, sesuai dengan rebranding Microsoft pada aplikasi-aplikasi yang disertakan dengan Windows. Walaupun menurut penulis mungkin tidak banyak yang sadar.

Pada tanggal 19 Maret 2009, penerus IE 7 yakni Windows Internet Explorer 8 dirilis. Versi ini merupakan versi pertama IE melewati tes Acid2 dan mendapat skor 20/100 pada tes Acid3. Menurut dari pihak Microsoft sendiri improvisasi RSS, CSS dan dukungan Ajax merupakan prioritas pada IE8. Versi ini merupakan IE terakhir yang jalan di Windows XP.

Akhirnya pada tanggal 14 Maret 2011, Microsoft merilis Windows Internet Explorer 9. IE versi ini sudah mendukung CSS 3, meningkatkan kemampuan javascript, mendukung tag HTML video dan audio. Dari test Acid3 pun, terlihat IE 9 mampu mencapai hasil 95/100. Sebuah nilai fantastis dibanding versi-versi sebelumnya.

Demikianlah perkembangan IE dari awal sampai hari ini. Melihat IE dirilis pertama kali dari tahun 1995 sampai sekarang tahun 2011 yang berarti sudah hampir 16 tahun, bagaimana mungkin browser ini tidak memberikan kontribusi pada dunia internet bukan?

More about: ,

5 Responses to “Sejarah Internet Explorer”

Leave a Reply