Wayback Machine: Jelajah Internet Masa Lampau
April 11th, 2012, Written by: | Categories: Internet

Nobita memiliki mesin waktu milik Doraemon untuk mengunjungi masa lampau. Kita juga memiliki Wayback Machine untuk mengunjungi Web-Web pada masa lampau. Sudahkah Anda tahu mesin waktu yang satu ini?

Wayback Machine merupakan sebuah situs yang menampung berbagai arsip-arsip (baca: snapshot) lama Web yang ada di dunia ini. Karena itu, orang bisa melihat Web versi dahulu. Cara penggunaan Wayback Machine sangat sederhana, cukup masukkan URL yang ingin dicari, pilih tahun dan tanggal. Selanjutnya tinggal melihat-lihat.

Sistem Wayback Machine menggunakan crawler mereka sendiri crawler milik Alexa Internet. Dan, tidak ada yang bisa memaksa crawler untuk datang ke Web-nya supaya diarsip. Konon dikatakan menggunakan Alexa toolbar dan mengunjungi ke Web tertentu akan membantu crawler Alexa untuk mencatat Web tersebut sehingga diarsip oleh Wayback Machine.

Mengapa Wayback Machine ingin menggunakan crawler Alexa Internet sebagai bot-nya? Ini dikarenakan crawler Alexa memiliki pengindeksian tiga dimensi. Artinya halaman Web yang diindeks oleh Alexa Internet dapat di-browse kontennya sehingga memungkinkan adanya fitur unik yang dapat dimanfaatkan Wayback Machine ini.

Jika Anda perhatikan beberapa Web, penampilannya tidaklah sempurna, seperti hilangnya gambar atau rusaknya CSS. Biasanya ini dikarenakan tampilan tersebut menggunakan JavaScript untuk mengubah tampilan, sedangkan Wayback Machine tidak mampu mengindeks JavaScript. Sehingga jika tampilan Web tersebut bergantung pada JavaScript, sudah dipastikan akan rusak berat. Intinya jika ingin hasil arsip tampil sebagus mungkin, usahakan semuanya dalam bentuk HTML yang baik. Selain itu, bisa juga dikarenakan Web bersangkutan mengambil gambar dari server lain, dan server tersebut sudah down sekarang.

Terkadang juga ada Web tertentu yang tidak ada arsipnya. Ini disebabkan beberapa kemungkinan seperti Web tersebut tidak pernah dibuka oleh orang dengan Alexa Toolbar ataupun Web tersebut diatur sang Admin supaya jangan dihinggapi oleh crawler (dengan cara mengatur Robots.txt untuk menolak crawler). Biasanya mereka sengaja mencegah crawler datang karena menganggap konten yang sensitif sehingga tidak menginginkan orang melihatnya.

Berikut contoh-contoh Web terkenal zaman dulu yang diambil dari Wayback Machine:

Detik Tahun 1998

Detik dengan tampilan khasnya pada tahun 1998

Kaskus 2006

Kaskus pada tahun 2006. Terlihat jelas tema default PHPBB-nya.

 

Microsoft – Oct. 1996

Microsoft pada tahun 1996 yang menekankan best view dengan IE3-nya.

Perlu diketahui bahwa arsip di Wayback Machine bukan hanya sekadar gambar, tetapi juga link yang berfungsi. Bahkan Anda dapat membaca berita-berita di situs Detik.com tahun 1998, cukup dengan mengklik link-nya. Apakah Anda menemukan Web-Web menarik di Wayback Machine? Silahkan ceritakan di sini.

More about: ,

Leave a Reply