SEO Di Masa Depan
August 6th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

Kata orang-orang, Search Engine Optimization (SEO) semakin susah dilakukan gara-gara mesin pencari terus memperbarui algoritma pencariannya (dan juga algoritma mencegah kecurangan). Contohnya Google Panda, lalu Google Penguin, sukses membuat orang-orang SEO marketing kalang kabut. Gara-garanya, Web yang di-SEO-kan mereka lenyap dari halaman depan. Jadi akan seperti apakah SEO di ke depannya?

SEO secara kasar adalah sebuah usaha untuk membuat posisi Web berada di halaman depan dengan kata kunci yang tepat. Jadi sudah lumrah orang mengatakan SEO itu, “yah, menempatkan Website jadi yang pertama di Google.” Umumnya cara yang paling banyak dilakukan orang adalah menempatkan backlink ke situs kita di Web yang memiliki PageRank tinggi. Masalahnya, Google Penguin yang tugasnya mengincar Web dengan backlink tidak natural membuat backlink tidak begitu berefek lagi. Setidaknya demikianlah yang terjadi (walaupun penulis percaya para ahli SEO pasti sudah memiliki cara membuat backlink yang bisa “mengecoh” Google Penguin”).

Google Penguin

Google Penguin: Mungkin inilah satu-satunya penguin yang paling dibenci orang-orang SEO di Internet.

Poin yang ingin disampaikan penulis adalah, daripada setiap saat mengecek apa yang diperbarui mesin pencari sehingga akhirnya sibuk untuk mencari celah, bukankah lebih baik kita membuat Web lebih search engine friendly dengan cara yang normal dan natural. Maksud dari normal dan natural adalah penyusunan konten yang menarik dan tepat sasaran. Jika kita membuat konten yang benar, maka mau diperbarui bagaimanapun algoritmanya tidak akan berefek pada kita.

Di sinilah penulis percaya. SEO ke depannya tidak sekedar memasang backlink supaya terdorong ke halaman pertama. SEO nantinya akan merupakan usaha digital marketing secara keseluruhan. Mengapa? Karena langkah-langkah yang dilakukan adalah kreativitas tim pemasaran untuk membuat Web yang ingin dicari orang sehingga menjadi terkenal.

  1. Membuat desain Web yang baik
    Mungkin contoh yang baik adalah seperti papan reklame di jalanan. Bagaimana membuat desain yang unik sehingga orang ingin melihatnya. Secara tidak langsung desain sangat berpengaruh karena adanya bounce rate yang menjadi patokan bagi mesin pencari. Jika dikarenakan desain kita yang buruk sehingga membuat orang begitu masuk Web, langsung keluar, maka otomatis akan berakibat buruk pada peringkat di mesin pencari.
  2. Konten yang bermanfaat
    Tulisan memiliki fungsi menyampaikan informasi kepada pengunjung. Ketika informasi Anda memiliki nilai lebih bagi pengunjung, maka mereka akan dengan senang hati membagikannya kepada orang lain. Demikianlah backlink yang natural itu berasal. Orang membagikannya karena kontennya memang bermanfaat atau menarik.
  3. Sudah saatnya menggunakan Social Media
    Sudahkah memiliki social media? Penulis merasa saat ini sudah seharusnya sebuah perusahaan untuk memiliki social media. Tujuan utamanya adalah untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Para pelanggan umumnya mengekspektasi perusahaan merespon apa yang mereka kemukakan di Internet.

Itu sebabnya, penulis merasa bahwa SEO bukanlah teknik mengakali mesin pencari. Melainkan sebuah cara digital marketing untuk menarik minat orang untuk mengunjungi Web. Penulis yakin, dengan cara yang naturallah, maka SEO pada Web baru dapat bertahan lama tanpa diombang-ambing oleh perubahan algoritma mesin pencari. Bagaimana pendapat kalian?

More about: ,

3 Responses to “SEO Di Masa Depan”

  1. Jasa Fotocopy

    Benar sekali, saya selaku pemula di dunia SEO juga merasakan hal yang sama yaitu sering sekali salah dalam melakukan Oprimasi SEO. Sekarang setelah membaca artikel mengenai SEO masa depan ini cukup membuat saya berfikir kalo cara saya selama ini salah, terima kasih

    Reply

Leave a Reply