TED: Menyebarkan Ide Melalui Internet
June 6th, 2012, Written by: | Categories: Internet, Opinion

TED yang merupakan kepanjangan dari Technology, Entertainment and Design, merupakan sebuah konferensi global yang menyediakan video-video bebas akses secara online. Video-video TED pada umumya mengangkat berbagai topik terutama teknologi, kemanusiaan, dan lain sebagainya yang bisa membawa pandangan baru bagi Anda. Penasaran?

TED dimulai pada tahun 1984, tahun pada saat Internet masih belum ada di dalam masyarakat umum. TED pada saat itu merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan berbagai pembicara untuk mengangkat topik-topik seputar teknologi dan desain, searah dengan budaya Silicon Valley. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 2006 akhirnya TED berpindah ke dunia maya.

Dengan slogan “Ideas worth spreading” yang artinya ide – ide patut disebarkan, TED pernah menghadirkan orang-orang terkenal sebagai pembicara mereka seperti Bill Clinton, Al Gore, Bill Gates, Richard Dawkins, Larry Page dan Sergey Brin. TED memberikan video-video pembicaraan untuk bebas diakses di Youtube ataupun di situs mereka sendiri. Semua video mereka berlisensi Creative Common (NonCommercial, Attribution dan NonDerivative), yang intinya Anda bebas menyebarkan video-video konferensi TED selama tidak mengutak-atik video ataupun untuk tujuan komersial.

Bill Gates di TED

Bill Gates menjadi salah satu pembicara di TED

Dalam rangka menjalankan misi mereka untuk menyebar ide ke seluruh dunia, mereka juga membentuk program TEDx yang merupakan program TED untuk lokal. Salah satu TEDx adalah TEDxJakarta. TEDxJakarta sendiri merupakan sebuah acara non-profit murni di mana semua pembicara diundang untuk berbicara tanpa biaya sepeserpun, para panitia semua bekerja sukarela tanpa bayaran, serta para undangan yang tidak perlu membayar tiket. TEDxJakarta hanya bisa berhasil diselenggarakan berkat adanya dukungan dari para sponsor dan donatur serta kegigihan para panitia penyelenggara.

TEDxJakarta Ade Rai

Ade Rai, salah satu pembicara di TEDxJakarta, mengangkat topik tentang kesehatan.

Acara TEDxJakarta sendiri menurut penulis sangat keren, karena mampu menghadirkan pembicara-pembicara yang keren dan inspiratif. Menurut penulis, akan sangat disayangkan jika selama ini kita yang memiliki koneksi Internet yang lancar untuk menonton Youtube tetapi belum pernah menonton video TED ataupun TEDxJakarta. Karena bagi penulis, setiap video akan membawa pencerahan atau new insight bagi Anda. Coba saja nonton salah satu video inspiring dari Rene Suhardono berikut.

Tertarikkah Anda? Silahkan kunjungi situs www.ted.com untuk TED Internasional dan TEDxJakarta untuk versi Indonesia.

More about: , , , ,

One Response to “TED: Menyebarkan Ide Melalui Internet”

Leave a Reply